oleh

Inilah 5 Khasiat Kopi bagi Kecantikan

PortalMadura.Com – Kopi merupakan sejenis minuman yang berasal dari seduhan biji kopi yang telah dihaluskan menjadi bubuk. Meskipun rasanya sedikit pahit, setiap orang masih banyak yang suka dengan minuman ini.

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi, biasanya membuat mata tetap terjaga semalaman. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit lambung, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kopi yang terlalu tinggi.

Sebab, konsumsi kopi yang terlalu tinggi pada penderita sakit lambung juga tidak baik. Karena mampu memperparah kondisi lambung. Sehingga maag atau asam lambung dapat kambuh jika terlalu banyak mengonsumsi kopi.

Kopi selain bisa diminum, juga dapat dijadikan sebagai masker untuk kecantikan. Berikut manfaat kopi bagi kecantikan, dilansir dari PortalMadura.Com, Jumat (28/2/2020) dari laman merdeka.com, di antaranya:

Eksfoliator Alami Untuk Kulit

Perlu Anda ketahui, bubuk kopi ternyata sangat bagus untuk dijadikan eksfoliator alami untuk kulit. Apakah eksfoliasi itu?. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati di permukaan kulit.

Bubuk kopi dalam hal ini dijadikan sebagai scrup yang nantinya akan mempermudah pengangkatan sel kulit mati. Eksfoliasi secara berkala dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cerah dan tidak kusam.

Tapi perlu Anda perhatikan, eksfoliasi setiap hari justru akan membuat kulit Anda menjadi menipis, kering serta iritasi. Cara membuat bubuk kopi sebagai eksfoliator, cukup mencampurkan bubuk kopi dengan air lemon. Jika sudah tercampur, gosokkan pada seluruh tubuh dengan lembut. Diamkan sampai sedikit kering, kemudian bilas hingga bersih.

Anda dapat melakukan kegiatan eksfoliasi seminggu sekali. Untuk mendapatkan efek cerah dan halus, lakukan hal itu secara berkala.

Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang terjadi pada setiap orang. Biasanya jerawat mulai muncul ketika seseorang mau memasuki usia pubertas. Hal tersebut disebabkan karena terjadinya perubahan hormon saat seseorang mulai memasuki masa pubernya.

Jika hal itu terjadi pada Anda, tidak usah khawatir. Salah satu penanganannya Anda bisa menggunakan kopi sebagai salah satu mengatasinya. Kandungan stimulant, antioksidan, dan asam klorogenat yang ada di dalam kopi berperan untuk membantu memerangi jerawat dan asam klorogenat di dalam kopi berperan sebagai antiradang.

Gunakan kopi sebagai scrub wajah dan masker wajah. Hal itu dapat membantu Anda mencegah dan mengatasi jerawat. Bubuk kopi dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit. Lakukan hal ini setidaknya seminggu sekali. Perlu Anda ketahui hindari melakukan srucbbing saat jerawat sedang merah-merahnya.

Mengurangi Mata Panda

Pernahkah Anda mengalami mata panda pada wajah Anda?. Mata panda terjadi karena banyak faktor. Salah satunya kekurangan tidur, kelelahan menatap layar dan ada juga karena faktor genetik.

Jika hal itu terjadi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan kopi untuk menyamarkan mata panda tersebut. Caranya, campurkan setengah sendok teh bubuk kopi dengan minyak zaitun. Supaya tidak terlalu lengket Anda bisa menambahkan sedikit air. Lalu oleskan pasta kopi yang sudah tercampur ke area bawah mata.

Selanjutnya, diamkan selama 10-15 menit, setelah itu, bilas sampai benar-benar bersih. Jika Anda ingin hasil yang maksimal mungkin. lakukan hal itu secara rutin.

Baca Juga : 5 Khasiat Tersembunyi Teh Marigold Bagi Kecantikan

Membantu Mengatasi Selulit

Umumnya, selulit terjadi di area bokong dan paha, selulit merupakan kondisi yang dapat memengaruhi penampilan di area timbunan lemak. Secara medis, selulit dapat diatasi dengan suntik lemak pada bagian yang mengalami selulit.

Selain itu, kopi juga dipercaya mampu menyamarkan selulit dengan cara eksfoliasi. Kandungan kafein yang dimiliki kopi dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah. Sehingga dapat mengurangi munculnya selulit pada tubuh.

Cara menggunakan kopi untuk menyamarkan selulit cukup mudah. Yaitu, campurkan bubuk kopi dengan air panas hingga mengental. Lalu, oleskan pada bagian selulit, lakukan gerakan memutar dan sedikit pijatan. Kemudian diamkan beberapa saat dan bilas sampai bersih.

Sebagai Perawatan Anti-aging

Sinar matahari, polusi, dan usia menyebabkan munculnya garis halus dan kerutan. Anda dapat menggunakan kopi sebagai masker anti aging alami bagi kulit. Cara mengaplikasikannya, campurkan bubuk kopi dengan madu menjadi pasta, Lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Tunggu beberapa saat dan kemudian bilas hingga bersih.

Perlu Anda ketahui, mencampurkan madu ke dalam pasta masker dapat membantu kulit menjaga kelembapannya. Gunakan masker ini selama seminggu sekali sampai dua kali.

Itulah manfaat kopi yang harus Anda ketahui untuk kecantikan. Selamat mencoba.

Rewriter : Azizah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar