Inilah 5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
portal madura berita madura terkini

PortalMadura.Com merupakan jenis puasa sunah yang sering diamalkan oleh Rasulullah, para sahabat, dan semua umat pengikutnya. Sayangnya, tidak semua umat muslim mengetahui jenis amalan sunah ini. Bahkan, mereka tidak menyadari beragam keajaiban dan manfaat penting di balik puasa sunah tersebut.

Puasa senin kamis memang memiliki banyak manfaat jika dilakukan dengan cara yang benar, selain mendapatkan pahala juga berpengaruh besar terhadap kodisi seseorang yang menjalaninya.

Berikut lima manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan:

Memperbaiki Kualitas Tidur
Hasil penelitian Dr. Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, dengan menggunakan EEG (perekam gelombang otak) menunjukkan, puasa membuat tidur lebih berkualitas atau Deep sleep, sehingga berpengaruh pada perbaikan tubuh dan otak.

Mengontrol Berat Badan dan Gula Darah
Tentu saja perlu diperhatikan juga menu sahur dan saat berbuka puasa, jangan sampai berlebihan, akan tetapi pada umumnya puasa bisa mengontrol berat badan dan gula darah sekaligus.

Menurut Dr. Madarina Julia, Sp.A, MPH, menjelaskan, Ketika puasa, kita menahan lapar. Ketika lapar itulah terjadi penurunan kadar gula darah dan pelepasan growth hormon (hormon pertumbuhan). Saat terjadi pelepasan growth hormon, lemak viseral yang posisinya biasanya di perut akan terbakar sehingga perut menjadi langsing. Jadi, berpuasa memiliki dua efek, yakni : pertama, mengurangi makan sehingga berat badan turun; kedua, efek dari lapar membuat gula darah menjadi rendah dan hormon pertumbuhan keluar, sehingga akan membakar lemak viseral dan memperbaiki kualitas pembuluh darah.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Southern California menunjukkan bahwa pembatasan asupan makanan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh mulai memproduksi sel darah putih yang baru, yang mampu mengusir serangan infeksi.

Bagus untuk Kesehatan Jiwa
Ketika berpuasa, seseorang akan lebih mengontrol amarahnya, sehingga baik untuk terapi kesehatan jiwa. Hal ini sesuai dengan yang ditulis oleh Alan Cott dalam bukunya yang berjudul “Fasting as a Way of Life dan Fasting the Ultimate Diet“.

Di dalam buku itu, disebutkan bahwa gangguan jiwa yang parah dapat direduksi dengan berpuasa. Adapun gangguan mental lain seperti susah tidur, rendah diri dan cemas berlebihan dapat pula direduksi dengan terapi berpuasa. Hal ini dibuktikannya dalam penelitian Alan Cott di Rumah Sakit Grace Square, New York.

Berpuasa saat Berbagai Amalan Dihadapkan kepada Allah
Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa” (HR. Tirmidzi). (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.