Inilah 5 Spa Tradisional Asli Indonesia, Salah Satunya dari Madura

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Spa Tradisional Asli Indonesia, Salah Satunya dari Madura
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Perawatan tubuh seperti lulur dan spa menjadi kebutuhan dan gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Bukan hanya saat ini saja, tapi perawatan ini sudah dimulai sejak dulu.

Di Indonesia ada banyak Spa yang dikenal oleh bangsa luar. Uniknya, perawatan yang digunakan yaitu memanfaatkan rempah-rempah tradisional. Tidak heran, banyak orang yang menyukainya dan melakukan treatment ini untuk mempercantik diri.

Karena, selain dapat membuat kulit semakin cantik, rempah-rempah juga memiliki khasiat yang alami, sehingga tidak ada efek samping yang ditimbulkannya.

Nah, apakah Anda sudah tahu ragam khas Indonesia?. Berikut perawatan spa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan memanfaatkan khasiat dari rempah-rempah:

Lulur, Jawa
Spa tradisional dari Pulau Jawa ialah lulur yang terbuat dari campuran tepung beras, kencur, dan beberapa rempah lainnya yang jelas asli Indonesia. Lulur Pulau Jawa ini mulanya diberikan sebagai perawatan kulit para putri raja pada masa kerajaan di Pulau Jawa.

Boreh, Bali
Bali juga salah satu pulau di Indonesia yang memiliki perawatan tubuh bagi wanita secara alami. Salah satu perawatan spa yang terkenal dari Bali ialah boreh. Jenis perawatan tubuh yang alami ini menggunakan bahan-bahan alami, seperti akar-akaran, rempah-rempah (kunyit, lada hitam, lada putih, dan jahe).

Dengan campuran bahan-bahan alami dan dipadukan dengan pijatan tradisional, wanita bisa mendapatkan kulit yang cantik, melancarkan sirkulasi darah dan membuat badan rileks.

Tangas, Betawi
Tangas menjadi salah satu perawatan kulit badan yang telah dilakukan oleh wanita-wanita Betawi. Perawatan spa tangas, terdiri atas pijat, lulur dan uap. Ketika melakukan serangkaian perawatan tangas, seorang wanita akan melakukan sembe ta'zim, berupa pemijatan dan peregangan ala Betawi. Perawatan tubuh alami yang kaya akan rempah ini juga menggunakan bir pletok, minuman khas Betawi.

So'oso, Madura
Perawatan spa tradisional so'oso asal Madura ini menggunakan protein telur untuk melakukan eksfoliasi, sehingga bisa meningkatkan kondisi kesehatan kulit tubuh. Dengan pijatan yang lama dan intens, tubuh akan kembali segar.

Selain dipijat, wanita yang melakukan spa so'oso juga akan meminum jamu khas Madura setelah perawatan. Pasalnya, jamu Madura ini amat terkenal sebagai ramuan pengencang organ intim wanita yang umum dikonsumsi para wanita Madura.

Batangeh, Minangkabau
Batangeh dalam bahasa Minangkabau artinya mandi uap. Ramuan yang digunakan untuk mandi uap ala Minangkabau ini terdiri atas rebusan bunga, daun, kulit kayu, akar atau rimpang dan juga biji-bijian. Selain itu, juga ditambahkan sereh wangi, pandan, sirih, gembelu, usa harum, dan bunga kenanga.

Jadi, setelah mandi uap, wanita akan merasakan tubuhnya semakin rileks, detoks keluar melalui keringat, dan badan pun menjadi wangi. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.