Inilah 5 Tips Jitu Agar Anak Tak Ikut Budaya Asing

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Tips Jitu Agar Anak Tak Ikut Budaya Asing
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kemajuan teknologi, membuat seorang anak dapat mengakses informasi dengan mudah melalui televisi, majalah atau internet. Padahal, anak akan cenderung mengikuti apa yang dilihatnya. Misalnya, gaya berpakaian yang mengikuti tren .

Tentu budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa ini akan membuat anak menjadi dewasa sebelum waktunya. Namun sebenarnya, budaya asing bagus untuk dipelajari dan menjadi tolak ukur budaya bangsa sendiri, tapi di usia yang terlalu dini, anak tidak dapat menyaring mana yang baik untuk ditiru dan mana yang tidak.

Menurut seorang psikolog, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Psi, salah satu cara untuk menghindari dampak buruk globalisasi adalah adanya kontrol dari orangtua.

Berikut lima tips yang harus diperhatikan oleh para orangtua agar anak tidak terbawa arus globalisasi, menurut Anna:

Orangtua harus Percaya Diri Terhadap Kebudayaan Bangsa Sendiri
Sekarang ini anak lebih memilih untuk menonton bioskop yang memutar film-film asing daripada menonton pertunjukan tari tradisional. Anak juga lebih menyukai lagu-lagu barat yang dianggapnya lebih keren daripada musik-musik tradisional Indonesia.

Hal ini akan membuat budaya asli Indonesia makin lama makin luntur. Sebaiknya, orangtua percaya diri terhadap budaya bangsa sendiri dan mendidik anak untuk mencintai budaya Indonesia dengan melibatkan anak dalam pembicaraan mengenai budaya dan mengajaknya nonton pameran kesenian.

Hindarkan Anak dari Kecanduan Gadget
Kebanyakan orangtua sekarang ini malah memberikan anak-anaknya permainan yang dapat diakses melalui kecanggihan gadget. Padahal, hal ini akan membuat anak bersikap individualistis dan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain.

Memberi Menu Makanan Tradisional pada Anak
Makanan asli Indonesia seperti sayur pare, melinjo dan kangkung kini sudah tidak banyak diminati lagi di kalangan remaja dan anak-anak. Anak cenderung lebih menyukai makan-makanan seperti burger atau pizza yang merupakan makanan khas bangsa lain.

Memilih Konsumsi Media yang Tepat bagi Keluarga
Anda harus membatasi akses terhadap media massa maupun elektronik yang terlalu menyorot budaya asing. Pilihlah tontonan keluarga yang sifatnya mendidik dan mengenalkan anak terhadap budaya bangsa.

Ciptakan Gaya Mendidik Anak Sendiri
Di negara China, orangtua memiliki teknik mendidik anak dengan tegas yang dikenal dengan gaya tiger mom. Anda juga harus memiliki gaya mendidik anak sendiri dengan tidak pernah melecehkan budaya bangsa sendiri dan mengajarkan anak untuk menghormati budaya bangsa lain. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.