Inilah 5 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas Apik dengan Ponsel Android

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas Apik dengan Ponsel Android
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain memotret, merekam juga merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan di era smartphone saat ini. Bahkan, hampir semua smartphone Android sudah menyediakan fitur perekaman video, mulai dari video beresolusi rendah hingga video dengan resolusi 4K.

Oleh karena itu, tidak jarang seseorang memanfaatkan perangkat smartphone-nya untuk mengambil video. Selain lebih mudah dan ringkas, video yang direkam juga bisa langsung diedit ataupun diunggah melalui aplikasi yang tersedia.

Namun, di balik kecanggihan teknologi tetap dibutuhkan seseorang di belakangnya untuk memastikan kualitas video tetap baik dan berkualitas bagus. Lalu, bagaimana cara merekam video dengan smartphone Android untuk menghasilkan video berkualitas bagus?.

Berikut lima mudah merekam video berkualitas apik cukup dengan smartphone Android:

Ketahui Posisi Mikrofon di Ponsel Anda
Sebelum mengambil gambar, pastikan posisi mikrofon di ponsel yang digunakan. Hal ini dilakukan agar mikrofon yang berfungsi untuk menangkap suara tidak tertutup oleh tangan.

Akibatnya, tidak jarang kualitas gambar yang baik tidak didukung dengan audio yang mumpuni, sehingga hasil video keseluruhan tidak cukup memuaskan.

Gunakan Dua Tangan
Salah satu trik mudah untuk mengambil video dalam keadaan stabil adalah dengan menggunakan dua tangan. Karenanya, untuk memastikan gambar yang dihasilkan tetap baik selalu gunakan cara ini.

Lewat cara ini, kejadian-kejadian seperti transisi yang kasar atau tiba-tiba dapat dihindari jika ponsel yang dipegang tetap berada dalam keadaan kokoh.

Jangan Pakai Zoom Digital
Ada baiknya Anda menghindari penggunaan zoom digital saat mengambil video, karena dapat menyebabkan kualitas gambar yang dihasilkan tidak lagi tajam. Oleh karena itu, dibandingkan Anda memakai zoom lebih baik dekati objek yang ingin direkam. Namun, pastikan ponsel tetap berada dalam kondisi stabil agar hasil tangkapan gambar tetap sempurna.

Pilih Lokasi dengan Kontras yang tidak Terlalu Tinggi
Sebelum mulai merekam video, perhatikan pencahayaan di lokasi tersebut. Hati-hati apabila pencahayaan wilayah tersebut terlalu terang atau gelap. Biasanya, smartphone akan sulit menyeimbangkan pencahayaan di wilayah tersebut sehingga rekaman terkadang tidak begitu jelas. Karena itu, posisikan diri di tempat dengan kontras yang tidak begitu tinggi.

Latih Pengambilan Gambar
Cobalah untuk menemukan ritme yang sempurna dan tepat saat merekam termasuk mempertahankan kecepatan konstan. Selain itu, coba untuk tidak mengambil gambar secara terputus-putus, baik dari atas atau bawah.

Kecepatan pergerakan kamera juga memegang kunci. Untuk itu, coba beberapa pengambilan gambar dengan kecepatan berbeda dan pilih metode mana yang lebih baik. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.