Inilah 6 Cara Efektif Hindari Kenakalan Remaja

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 6 Cara Efektif Hindari Kenakalan Remaja
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat anak menginjak usia remaja, orangtua pasti mengkhawatirkan buah hatinya. Pasalnya, pada masa tersebut anak kerap ikut-ikutan pergaulan bebas, dunia miras, tawuran antar remaja, narkoba, dan hal negatif lainnya.

Kasus ini sudah tidak memandang kalangan maupun status sosial. Oleh karena itu, sebagai remaja Anda harus bisa menghindari hal-hal negatif yang berdampak buruk pada masa depan Anda dan kehormatan orangtua.

Berikut enam cara menghindari kenakalan remaja:

Pastikan Anda Tahu Dampak Negatif dari Kenakalan Remaja
Hal ini adalah poin yang penting. Anda harus tahu dampak negatif dari kenakalan remaja yang saat ini menggerogoti akhlak mereka. Dengan mengetahui dampak negatifnya, maka Anda akan berfikir dua kali untuk terjun dalam dunia kenakalan remaja.

Selain itu, Anda harus tahu mulai dari dampak yang terkecil sampai yang terbesar. Sebab, kenakalan remaja bentuk apapun tidak akan pernah ada dampak positifnya. Hanya saja, Anda sering tertipu oleh tipu daya orang yang ingin menjerumuskan Anda ke dunia tersebut.

Biasakan Berfikir ke Depan Sebelum Bertindak
Kebanyakan orang yang terjerumus ke dalam kenakalan remaja biasanya adalah orang yang sedang banyak pikiran. Mulai dari broken home, broken heart, masalah keuangan dan masih banyak lainnya. Di sinilah peran penting dari berfikir ke depan sebelum bertindak.

Sebelum Anda melakukan sesuatu, hendaknya harus berfikir dahulu, ini salah atau tidak, menyimpang dari ajaran agama atau tidak, dampaknya ke depan apa dan lain-lain. Intinya, Anda harus benar-benar berfikir matang sebelum bertindak. Jangan sampai penyesalan yang Anda dapat. Dengan demikian, Anda akan selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu sehingga tidak mudah terjerumus dalam kenakalan remaja.

Jadilah Diri Sendiri
Masa remaja adalah masa untuk menunjukkan jati diri Anda, ingin menunjukkan eksitensi dirinya dan ingin mencari hal-hal yang baru. Itulah sebabnya banyak dari remaja yang salah dalam menunjukkan semua hal tersebut.

Untuk itu, jadilah diri sendiri. Jangan mudah terpengaruh dengan ajakan orang lain. Jadi diri sendiri bukan berarti tidak mau mengikuti saran orang lain, tapi hendaknya Anda mempunyai prinsip dasar yang Anda pegang untuk menghadapi kehidupan ini. Anda juga harus tahu mau dibawa kemana hidup Anda, apakah kejurang kerusakan moral atau justru sebaliknya. Anda sendirilah yang menentukkan.

Gunakan Hari-hari Anda dengan Kegiatan yang Positif
Setiap waktu yang berlalu tidak boleh Anda sia-siakan dengan hal yang tidak berguna. Jangan sampai hari-hari Anda hambar tanpa ada kegiatan positif yang rutin dijalankan. Karena, jika waktu Anda banyak yang kosong akan memberikan celah yang besar bagi kenakalan remaja untuk membawa Anda masuk ke dalam dunianya.

Jangan Salah Memilih Teman atau Sahabat
Tidak dipungkiri, banyak kasus kenakalan remaja terjadi karena salah memilih teman ataupun sahabat. Ketika Anda salah memilih teman atau sahabat, besar kemungkinan sahabat Anda tersebut justru yang akan menjerumuskan Anda ke dunia kenakalan remaja.

Mencari teman atau sahabat hendaknya harus benar-benar tahu pribadinya. Mugkin banyak orang yang akan menilai Anda terlalu memilih-milih sahabat. Biarkan saja perkataan itu, karena memang seharusnya Anda harus memilih sahabat atau teman yang akan membawa Anda pada kebaikan.

Tanamkan Nilai-nilai Agama
Agama menjadi bagian yang sangat penting dalam membentengi Anda untuk melakukan hal yang buruk. Ketika agama Anda kuat, maka benteng yang ada dalam diri Anda juga akan kuat. Tanamkanlah nilai-nilai agama dalam diri Anda, agar Anda bisa terhindar dari hal-hal negatif. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.