Inilah 6 Hal yang Bisa Rusak Puasa Anda, No 4 Sering Dilakukan

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 6 Hal yang Bisa Rusak Puasa Anda, No 4 Sering Dilakukan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap umat Islam yang berpuasa di bulan Ramadan pastinya tidak ingin usahanya yang tidak minum dan makan seharian hanya berbuah haus dan lapar. Semuanya tentu mengharapkan amal dan ibadahnya bisa diterima oleh Allah SWT.

Namun apa daya, dalam proses melaksanakan ibadah tersebut terkadang sebagian orang tanpa disadari telah melakukan berbagai hal yang justru bisa merusak amalannya. Tahukah Anda apa sajakah itu?.

Almarhum Ustaz Zainuddin MZ pernah menyinggung enam hal perusak amalan seseorang termasuk amalan Ramadan. Dalam ceramahnya, Zainuddin MZ, membahas sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ad-Dailami dari Addi bin Hatim. “Rasullullah SAW pernah bersabda, ada enam amalan yang bisa merusak suatu amal. Merusak salat, puasa, zakat, bahkan haji kita,” ucap Zainuddin MZ membaca arti hadis tersebut.

Adapun enam kebiasaan yang harus dihindari itu antar lain:

Orang yang Terlalu Sibuk Mencari Kekurangan Orang Lain
Mencari dan membahas kekurangan orang lain sekarang ini seperti hal yang biasa. Orang-orang tidak malu melakukannya. Acara televisi hingga media sosial menjadi ajang menyebarkan keburukan orang lain.

Orang yang Keras Hati
Yang dimaksud keras hati adalah orang yang hatinya tertutup untuk menerima kebenaran. Hidupnya mirip peribahasa Katak di bawah Tempurung. “Nah, saat seseorang tak mau menerima kebenaran, kita merasa menjadi yang paling benar,” jelas Zainuddin.

Terlalu Cinta Dunia
Dalam ceramahnya, Zainuddin menegaskan, cinta dunia bukan hal yang salah. Namun saat sudah keterlaluan dan berlebihan barulah sikap itu salah. Orang-orang yang terlalu cinta dunia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keinginannya.

Selama di bulan Ramadan, kita biasa menghadapi renungan-renungan bahwa dunia adalah sesuatu yang bersifat sementara. Sering saya sampaikan, ini dunia, ambil yang memang perlu, nikmati yang memang boleh. Kalau bisa jangan gagal di dunia, namun kalaupun gagal, kita masih punya akhirat. Ini yang menyebabkan kita di dunia tak menghalalkan segala cara. Kita yakin semua ada pertanggung jawabannya nanti di akhirat,” jelas Zainuddin.

Menggosip
Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama. Sekarang ini banyak orang terang-terangan membahas aib orang lain alias menggosip. Mereka semua tampak sudah tidak malu, padahal malu adalah sebagian dari iman.

Tingkat rasa malu ini benar-benar diuji di bulan Ramadan. Saat Anda sedang berpuasa dan ada godaan untuk membatalkan puasa. Anda tidak melakukannya meski makan bisa dilakukan sembunyi-sembunyi tanpa ada orang yang tahu. Itu tanda Anda malu dengan Allah yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui.

Terlalu Panjang Angan-angannya
Setiap manusia dimotivas agar memiliki impian atau cita-cita. Namun impian itu harus diikuti dengan usaha untuk mewujudkan. Allah tidak suka orang yang hanya berangan-angan mengenai impiannya tanpa mau berusaha mewujudkannya.

Silahkan saja, cita-cita digantungkan setinggi bintang di langit. Tapi kaki harus tetap berpijak di bumi. Kaki harus berpijak pada realitas,” tegas Zainuddin.

Tak Berhenti Berbuat Zalim
Zalim merupakan sifat bengis yang tidak menaruh belas kasihan. Bagi Anda yang memiliki rezeki berlebih, jaringan berlebih, atau kemampuan berlebih, jangan sampai itu semua menjadi jalan untuk berbuat zalim, baik disengaja ataupun tidak. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.