Inilah 6 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dicek

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 6 Komponen Mobil yang Harus Selalu Dicek
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Kendaraan yang satu ini harus selalu diperhatikan agar bisa terus berjalan dalam kondisi baik.

Sebab, kondisi kendaraan yang selalu dalam keadaan prima dapat memperpanjang umur pemakaian mobil, dan membantu kondisinya tetap stabil dalam segala medan serta tidak cepat mengalami kerusakan.

Pasalnya, mobil yang kurang terawat merupakan salah satu faktor yang seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan selain dari faktor kelalaian si pengemudi itu sendiri. Untuk itu, bagi pemilik mobil, ada beberapa komponen yang memerlukan perhatian khusus.

Berikut enam yang harus selalu dicek:

Ban
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian ban. Karena, komponen ini bersentuhan langsung dengan jalanan sehingga mengeceknya secara rutin merupakan prioritas utama.

Mengecek ban bisa dengan membuka buku manual mobil Anda atau melihat stiker yang berisi informasi ban di bagian samping pintu pengendara soal tekanan ban. Setelah itu, lihat kondisi ban apakah ada retakan atau tidak.

Kedua Oli Mesin
Oli mesin berfungsi untuk melubrikasi semua komponen yang bergerak. Secara sederhana level oli mesin bisa dicek setiap 2-4 minggu sekali, ini membantu agar mesin Anda tetap awet.

Jika level oli mesin rendah bisa diisi, tapi jangan sampai berlebih memenuhi mesin dan menyembur. Kalau oli mesin Anda harus diisi secara terus menerus berarti ada sesuatu masalah di mobil Anda.

Cek Pedal Rem
Sebaiknya pedal rem dicek setiap dua bulan sekali, dan juga perhatikan cakram rem. Selain itu, apabila saat mengerem terdengar suara, ganti pedal rem secepatnya.

Cek Lampu Mobil Anda
Cek semuanya sebelum melakukan perjalanan, saat diparkir nyalakan seluruh lampu dan cek apakah ada yang mati atau tidak. Hal ini cukup penting dilakukan, terlebih jika Anda melakukan perjalanan malam hari.

Perhatikan Pendingin Mobil
Pastikan air radiator pendingin terisi karena pada saat mobil berjalan semua komponen bergerak pasti menghasilkan panas.

Pendingin ini di pompa ke blok mesin kemudian menyerap panas dan membawanya kembali ke radiator sebelum memulai prosesnya lagi dari awal. Jika Anda membiarkan level pendingin turun mesin menjadi bermasalah.

Wiper pada Kaca Mobil
Mungkin Anda jarang membersihkan kaca mobil, sehingga debu yang tebal sudah menghalangi jarak pandang saat menyetir. Hal ini penting untuk selalu mengisi air wiper. Di Inggris, wiper yang tidak ada isinya bisa kena denda sampai 1.000 poundsterling. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.