Inilah 6 Makanan Pereda Mabuk Saat di Perjalanan

Wedang Jahe Susu
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Momen lebaran, biasanya dijadikan sebagian besar orang untuk lakukan perjalan baik itu mudik, berkunjung kerumah saudara, ataupun lakukan liburan di libur hari raya.

Menempuh perjalanan panjang saat mudik ataupun lakukan perjalanan jauh lainnya memang bukan hal yang mudah, terutama bagi mereka yang punya masalah mabuk perjalanan. Tak usah khawatir, bagi Anda yang sering mabuk saat perjalanan, cobalah bawa makanan berikut sebagai pereda saat Anda mabuk nanti.

Jahe
Kalau berani mengonsumsi jahe secara langsung, Anda bisa mengunyah potongan jahe segar yang mampu mencegah mabuk perjalanan dan sakit perut. Tapi, kalau tidak sanggup memakan dalam keadaan mentah, Anda bisa mengolahnya ke dalam minuman.

Rebus beberapa potong jahe dan campurkan ke dalam teh hangat. Konsumsi teh jahe tersebut setidaknya satu jam sebelum Anda lakukan perjalanan panjang.

Biskuit
Percaya atau tidak, biskuit juga bisa membantu Anda meredakan rasa mual, lho! Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah pilih biskuit dengan rasa gurih. Konsumsi 2-3 biskuit atau crackers saat Anda mulai merasa mual. Makan secara perlahan hingga rasa mual Anda berkurang dan hilang.

Agar bisa meredakan jumlah air liur dalam mulut, pilih biskuit atau crackers yang terbuat dari gandum. Hindari biskuit atau crackers dengan rasa pedas, manis, atau bercita rasa bawang yang kurang bersahabat dengan lidah dan pencernaan Anda.

Lemon
Kandungan nutrisi di dalam lemon dipercaya bisa meredakan sakit perut. Nggak hanya itu, kesegaran dari air lemon juga bisa meredakan rasa mual, sehingga mampu meringankan keinginan muntah di perjalanan mudik.

Caranya, potong 1-2 buah lemon segar dan simpan dalam wadah. Buang kulit lemon dan tempatkan satu iris lemon di lidah saat gejala mual sudah Anda rasakan.

Apel Hijau
Adanya kandungan pektin dalam apel hijau dipercaya bisa membantu menetralkan asam di perut, sehingga bisa mengatasi mual. Selain makan apel segar, Anda juga bisa minum jus apel.

Air
Taukah Anda bahwa, kurangnya asupan mineral dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya rasa mual. Maka dari itu, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup agar Anda tidak mual dan tidak mengalami mabuk dalam perjalanan saat mudik.

Permen
Pilih permen dengan rasa yang segar, seperti mint, lemon, atau jahe. Hindari mengonsumsi permen dengan rasa manis, seperti karamel, karena hal ini malah memicu rasa mual semakin bertambah parah.

Proses menghisap dan mengunyah permen mampu meningkatkan produksi air liur. Hal ini sangat baik karena air liur berfungsi menetralkan asam di perut sehingga membuat Anda jadi tidak mual.

Itulah beberapa makanan pereda rasa mual yang cocok saat lakuakan perjalanan jauh seperti mudik. Selamat menikmati perjalanan Anda dan semoga informasi di atas bermanfaat. (gadis.co.id/Nanik)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.