Inilah 7 Amalan Yang Dianjurkan di Bulan Ramadan Oleh Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 7 Amalan Yang Dianjurkan di Bulan Ramadan Oleh Rasulullah
ilustrasi (trentekno.com)

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan dari Allah SWT. Oleh karena itu, pada saat bulanRamadan sangat dianjurkan untuk memperbanyak -amalan baik untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Amalan-amalan tersebut pada dasarnya memang bukan suatu hal yang wajib. Namun, anjuran agar seluruh umat Islam bisa menjalankan amalan tersebut. Sebab hal demikian menjadi kesempatan bagus untuk menyempurnakan pahala dan keimanan Anda. Bahkan hal ini juga bisa menjadi jalan untuk menggapai rida dari Allah SWT.

Berikut tujuh amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah di bulan Ramadan:

Memperbanyak Sedekah
Memperbanyak sedekah memang salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah. Menyedekahkan sebagian harta yang Anda miliki memang suatu hal yang mulia.

Dengan demikian, rizki yang Anda sedekahkan di bulan Ramadan mendapat balasan yang berlipat ganda di sisi Allah SWT. Pemberian tersebut harus disertai niat yang tulus dan ikhlas.

Memperbanyak I'tikaf
I'tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. Hal ini, memang merupakan amalan yang dianjurkan di bulan suci Ramadan. Tentunya hal demikian bisa menjadikan Anda terhindar dari perkara maksiat dan dapat meningkatkan keimanan Anda. Sehingga, aktivitas yang Anda kerjakan di bulan suci Ramadan tidaklah sia-sia.

Mendirikan Salat Tarawih Berjamaah
Salat tarawih memang suatu ibadah sunah yang kebanyakan orang muslim menjalankannya. Namun, mendirikan salat tarawih dengan berjamaah adalah salah satu anjuran Rasulullah kepada seluruh umat muslim.

Menghidupkan Malam Lailatul Qadar
Malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu malam. Malam mulia ini berdasarkan pendapat yang paling kuat, bahwa terdapat pada 10 malam yang terakhir di bulan Ramadan, tepatnya pada malam ganjil.

Pada malam-malam tersebut, alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti I'tikaf, memperbanyak doa, mengerjakan salat malam, dan amalan lainnya.

Membaca Alquran
Melakukan tadarus Alquran juga merupakan kegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah. Apalagi amalan yang satu ini dijalankan saat bulan Ramadan. Oleh karena itu, memperbanyak bacaan Alquran di bulan Ramadan adalah kegiatan yang sangat mulia, dan isilah waktu luang Anda dengan memperbanyak bacaan Alquran. Sehingga di bulan yang penuh berkah ini dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan Anda.

Melaksanakan Ibadah Umroh
Melaksanakan ibadah umroh di bulan suci Ramadan, merupakan salah satu anjuran Rasulullah. Ibadah umroh di bulan Ramadan ini, pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji. Sehingga, ada baiknya jika Anda melakukan ibadah umroh saat bulan Ramadan.

Memperbanyak Istighfar pada Malam Akhir Ramadan
Meminta pengampunan pada malam akhir Ramadan juga merupakan salah satu amalan yang sangat penting. Karena pada malam tersebut, Allah akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba yang meminta pengampunan-Nya. (arbamedia.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.