Inilah 7 Trik Super Ampuh dapatkan IPK Tinggi

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 7 Trik Super Ampuh dapatkan IPK Tinggi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjadi mahasiswa super cemerlang itu memang gak gampang. Mulai dari godaan main bareng teman, pacaran, dan kerja buat cari uang. Alhasil kalau sudah begini jangankan untuk dapat nilai bagus, bisa memenuhi kewajiban absensi saja susahnya setengah mati. Padahal sebagai mahasiswa, tugas utamamu ya kuliah sebaik-baiknya.

Untuk membantu kamu yang punya masalah dengan urusan nilai, berikut cara-cara elegan yang bisa kamu terapkan.

1. Datanglah 30 menit sebelum kuliah berlangsung
Mengapa 30 menit? Menurut estimasi umum yang biasanya terjadi pada mahasiswa kala kuliah baik itu diwaktu pagi atau siang, waktu 30 menit sebelum perkuliahan adalah waktu paling efektif dan otak sedang dalam masa-masa segarnya untuk menerima ilmu yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Sedangkan, mahasiswa yang datangnya terlambat, mengalami masa relaks otak yang cenderung kacau, sehingga berdampak pada saat penerimaan materi kuliah yang disampaikan dosen.

2. Di malam hari, gunakan 2 jam waktumu untuk mengulang materi kuliah
Dikalangan anak kost, umumnya, jam makan akan dimulai sekitar dai jam 6-8 malam. Nah, agar energimu tidak terbuang sia-sia hanya untuk menonton dan kegiatan tidak bermanfaat lainnya, luangkan waktu sekitar 2 jam, untuk mengulang materi kuliah yang telah disampaikan dosen.

Aturan penting saat kamu melakukan ini, kamu harus menjauhkan diri dari godaan media sosial terlebih dahulu, atau matikan hal-hal yang mampu mengganggu fokusmu, radio dan tv misalnya.

Aturan belajarnya: 30 menit pertama untuk membaca materi yang didapat paginya; 30 menit kedua untuk mencatat kembali hal-hal yang dipelajari; 30 menit ketiga membuat soal sendiri dari yang telah dipelajari, 10 menit untuk menjawab soal-soal tersebut, kemudian 20 menit terakhir bisa kamu gunakan untuk mereview kembali hasil belajarmu, entah itu dengan mencatat hal-hal yang belum kamu kuasai atau membuat rangkuman.

3. Selain mencatat dan mendengarkan, perbanyak diskusi
Proses belajar sendirimu tidak akan efektif jika hanya kamu mempelajari yang itu-itu saja tanpa meningkatkan informasi melalui diskusi bersama teman-teman atau kakak angkatanmu.

Berkumpulah dengan mereka yang menguasai materi kuliah yang kurang bisa kamu kuasai, jangan ragu menanyakan apa saja yang tidak jelas dari mereka. Dengan berdiskusi, biasanya kita akan menerima lebih banyak ilmu dan teknik belajar yang lebih jitu.

4. Rajin-rajin update tentang wawasan ilmu yang berkaitan
Setelah belajar dan berdiskusi kamu lakukan, kamu juga wajib untuk menambah wawasanmu dengan update informasi mengenai mata kuliah yang kamu ampu. Bisa melalui internet, baik itu berupa slide ppt, atau video-video edukatif dan sumber bacaan digital yang kini banyak beredar di ranah internet. Jangan lupa, pastikan sumbernya asli demi keoriginalitas bacaanmu.

5. Pendekatan dengan dosen
Hal yang paling utama, yang juga patut diperhatikan. Dalam tingkatan mahasiswa, jadilah mahasiswa yang setidaknya mampu menguasai bagaimana beretika dengan dosen. Karena dosen juga melihat cara dan adab kita, bukan sekedar menilai kita saat dikelas saja. Untuk yang satu ini, lakukanlah secara elegan tanpa harus menampakkan niat mencari muka yang terlalu basa basi. Normal saja tapi dilakukan dengan niat setulusnya.

6. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi
Mungkin kelihatannya sepele, tapi logika umumnya tidak akan berjalan mulus tanpa logistik. Kebanyakan mahasiswa menyepelekan asupan, padahal asupan yang begizi penting kaitannya dengan konsentrasi saat mengikuti perkuliahan, serta menjaga keseimbangan otak demi kelancaran masa perkuliahanmu.

7. Berdoa
Dan yang terakhir, jangan pernah lupa beribadah. Tetap pegang restu orang tua dan memperbanyak doa, tidak hanya saat menjelang ujian tetapi juga dalam keseharian kita sebagai mahasiswa.

Oke guys, diatas adalah tips yang bisa kamu gunakan demi mencapai . Selamat mencoba dan semoga beruntung.(kitamuda.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.