oleh

Inilah 8 Cara Memaksimalkan Smartphone Android Bagi Pemula

PortalMadura. Com – Jumlah pengguna Android semakin lama semakin membludak. Menurut google, setiap detiknya ada sekitar ratusan Smartphone Andorid yang di aktifkan atau mendekati saju juta Android yang diaktifkan setiap harinya, fantastis bukan?.

Namun meskipun banyak penggunanya, mereka bukan berarti mengerti cara memaksimalkannya. Bahkan banyak pengguna Android yang bingung mau diapain Smartphone Androidnya.

Bagi para pemula yang baru menjajal sistem operasi Android, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam memaksimalkan ponsel Andorid kesayangan Anda.

Berikut delapan cara memaksimalkan smartphone Android untuk para pemula:

Jangan Sampai Kehabisan Data
Agar bisa terhubung dengan internet, pastikan Anda sudah mengaktifkan paket data. Anda dapat memantau penggunaan data di menu Pengaturan/Settings -> Penggunaan Data/Data Usage.

Bijaksanalah pada Apa yang Anda Sebarkan
Anda wajib mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan informasi Anda. Jangan sampai Anda tidak menyadari foto-foto atau video Anda dibagikan kepada publik, kecuali Anda menginginkannya.

Untuk mengaturnya, Anda klik menu Pengaturan/Settings dan pilih Aplikasi/Apps. Menu ini akan menampilkan daftar perizinan aplikasi.

Pada versi lebih baru, Anda dapat mengontrol informasi apa saja yang dibagikan di aplikasi Anda lebih banyak. Misalnya, Anda dapat membagikan foto tetapi tidak membagikan lokasi Anda dan sebaliknya.

Biarkan Baterai Anda Bertahan
Jika ponsel Anda memiliki mode hemat baterai, Anda bisa mengaktifkannya secara otomatis ketika baterai Anda lemah. Umumnya, daya hanya ada 15 persen atau 5 persen.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur yang menurut Anda penting saja. Biasanya pada mode ini, fitur seperti lokasi dan pembaruan email akan diaktifkan.

Ponsel Anda Seperti Anda
Salah satu hal penting tentang sistem operasi Android adalah Anda dapat mengkustomnya sesuai keinginan Anda. Semua aplikasi dapat diatur untuk memprioritaskan aplikasi yang sering Anda gunakan dengan app launcher.

Dapatkan Pengalaman Google Terbaik
Tidak hanya itu saja, Anda tidak perlu melakukan hal apapun dengan menggunakan voice assistant “OK Google!”. Anda cukup mengatakan “OK Google!” untuk mencari tahu atau menjalankan aplikasi apapun. Misalnya aplikasi Gmail, Calendar, atau mencari tahu sesuatu ketika Anda sedang mengemudi.

Akses Cepat ke Pengaturan
Apabila Anda sedang dalam situasi atau pertemuan penting, Anda dapat mematikan semua dering dan notifikasi pada ponsel Anda. Hal ini dapat Anda lakukan di jendela layar. Cukup geser ke bawah pada atas layar Anda.

Kemudian, Anda akan menemukan Pengaturan Cepat yang berisi beberapa pengaturan penting, misalnya Wi-Fi, Bluetooth, Lampu Senter, Mode Pesawat, dan Kecerahan Layar.

Baca Lebih Baik, Lebih Cepat, dan Lebih Pintar
Android Marshmallow yang merupakan versi terbaru menawarkan sebuah fitur bernama “Google Now on Tap”. Anda cukup mengetuk pada apapun yang Anda baca. Kemudian, pencarian instan Google akan menyelesaikannya.

Meskipun ponsel Anda belum menjalankan Android versi terbaru, Anda tetap bisa melakukan pencarian frase yang dipilih di Chrome. Cukup sorot kata-kata yang ingin dicari dan jendela kecil akan muncul di bagian bawah layar ponsel. Ketuk dan pencarian akan dimulai secara instan. Jika fitur ini mengganggu, nonaktifkan ke Pengaturan> Pribadi> Sentuh ke Pencarian.

Kendalikan Pengaturan Standar
Ponsel Anda akan selalu menanyakan apakah Anda ingin aplikasi yang digunakan menjadi pengaturan standar Anda.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Tetapi jika tidak, Anda dapat mengubah aplikasi yang menangani fungsinya secara otomatis, seperti membuka video yang diarahkan langsung ke YouTube daripada di browser.

Anda cukup klik “Hapus Standar”. Beberapa ponsel sebetulnya memiliki menu “Aplikasi Standar”, yang mendaftarkan semua standar di ponsel Anda. (liputan6.com/Salimah)

Komentar