oleh

Inilah Azab Pembohong di Akhirat Kelak Yang Wajib Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Berbohong merupakan salah satu sifat yang sangat buruk dan termasuk perbuatan tercela dalam pandangan agama. Akan tetapi, yang terjadi sekarang ini banyak sekali disekitar kita bahkan kita sendiri yang suka bermain-main dengan kebohongan.

Berbohong termasuk dalam kategori dosa besar, Islam pun mengajarkan kepada seorang muslim agar selalu dan mampu menjaga lisannya atau perkataannya. Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa bohong itu merupakan sesuatu yang sepele, padahal kita tahu bahwa sekecil apapun kebohongan tetap saja dianggap sebagai dosa besar.

Seringkali kita menemukan bahwa ada orang yang berkata mengenai suatu hal akan tetapi tidak sesuai dengan kelakuannya. Mereka mengajarkan kebaikan kepada orang lain, namun dirinya sendiri tidak mengerjakan. Justru kebanyakan dari orang yang suka berbohong melakukan perbuatan sebaliknya dari apa yang dikatakan kepada orang lain.

Orang yang suka berbohong akan merasakan azab yang sangat pedih dari Allah SWT. Azab seperti apakah yang dimaksud?.

Di akhirat kelak, orang-orang yang suka berbohong akan merasakan azab dari Allah yakni dipotong lidah mereka dengan gunting api, lalu lidah tersebut tumbuh kembali dan dipotong lagi begitulah seterusnya.

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah bersabda: “Pada malam Isra aku dibawa ke berbagai kaum yang lidah mereka dipotong dengan gunting api. Setiap kali berakhir dipotong, lidah itu kembali lagi. Aku mengatakan, ‘Siapakah mereka itu, wahai Jibril?’ Jibril mengatakan, ‘Mereka merupakan para pembicara dari kalangan umatmu yang mereka mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan serta mereka membaca Kitabullah, tapi tidak mengamalkannya,” (Shahiihul Jami’: 128).

Kebiasaan berbohong ini tentu saja akan menimbun banyak dosa bagi dirinya sendiri. Karena setiap perkataan yang diucapkan bertolak belakang dengan perbuatan yang mereka lakukan. Orang yang seperti ini, di akhirat akan sangat  menyesal karena merasakan pedihnya azab dari Allah.

Dari Usamah bin Zaid, bahwa Rasulullah bersabda: “Akan didatangkan seseorang kemudian dirinya dilemparkan ke neraka. Maka dirinya di sana berputar semacam berputarnya keledai di tempat penggilingannya, sampai para penduduk neraka berkumpul mengelilinginya. Mereka mengatakan kepadanya, ‘Wahai Fulan bukankah engkau dulu di dunia yang menyuruh kami ke yang baik serta melarang kami dari yang mungkar?’. Lalu, dirinya menjawab, “Aku dulu menyuruh kalian terhadap yang baik (tapi) aku tidak melakukannya. Serta aku melarang kalian dari yang kurang baik, (tapi) aku melakukannya,” (Shahiihul Jami’).

Itulah azab Allah untuk orang yang gemar berbohong. Maka, hindarilah perbuatan tercela yang satu ini agar Allah senantiasa melindungi kita dari panas dan pedihnya api neraka. (infoyunik.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar