oleh

Inilah 8 Fakta Menarik Masjid Al-Aqsa: Tapak Rasulullah hingga Pembantaian Umat

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Salah satu masjid suci umat Islam yang berada di Yerusalem Timur, wilayah Kota Tua, yaitu masjid Al-Aqsa. Masjid ini turut menjadi saksi dalam konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina.

Masjid Al-Aqsa mememiliki kubah berwarna perak yang berdiri di kompleks Al-Haram Asy-Syarif di area seluas 14 hektare. Di kompleks itu, terdapat Dome of The Rock, yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad (Rasulullah) dalam perjalanan Isra Mikraj. Nah, masjid The Dome of The Rock inilah yang sering disangka sebagai Masjid Al-Aqsa.

Sayangnya, masjid suci itu menjadi sumber konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina. Salah satu pemicu konflik adalah adanya pergerakan dari kaum Yahudi untuk beribadah di kompleks suci tersebut. Yahudi menyebut kompleks Al-Haram Asy-Syarif sebagai ‘Temple Mount‘ atau Bukit Suci.

Anda penasaran tentang masjid ini?. Berikut delapan fakta menarik tentang Masjid Al-Aqsa:

Loading...

Jadi Tempat Pijakan Nabi Muhammad untuk Isra Mikraj
Umat muslim meyakini, Nabi Muhammad singgah di Masjid Al-Aqsa dalam perjalanan Isra Mikraj menuju langit. Tempat pijakan itu berbentuk batu yang kini terdapat di Dome of The Rock.

Nabi Muhammad pergi Mikraj menggunakan Buraq dan melaksanakan perintah Allah SWT untuk menjalankan salat. Selain itu, diyakini batu tersebut merupakan tempat Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih Nabi Ismail. Bahkan, dalam sejumlah hadis juga disebut Masjid Al-Aqsa menjadi masjid istimewa karena menjadi kiblat pertama umat Islam.

Terdiri dari Beberapa Masjid





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar