oleh

Inilah Alasan Kaum Perempuan Banyak Masuk Neraka Menurut Hadis

PortalMadura.Com – Pada hari akhir atau yang lebih dikenal dengan sebutan kiamat, semua makhluk akan punah beserta yang ada di muka bumi ini. Selanjutnya, manusia akan dihisab dan kekal hidup di akhirat. Di sana terdapat dua tempat, yaitu Surga dan Neraka.

Allah SWT telah menjanjikan Surga untuk hamba-hambanya yang beriman dan bertakwa. Sementara Neraka untuk orang-orang yang tidak melaksanakan perintah dan melanggar larangan-Nya.

Perlu umat Islam ketahui, bahwa Surga merupakan tempat indah yang dipenuhi banyak hidangan makanan dan minuman. Apa pun yang diinginkan ada di Surga. Sedangkan Neraka adalah tempat untuk mempertanggungjawabkan amalan buruk, di mana terdapat api yang sangat panas dan siksa pedih.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS. At-Tahrim : 6).

Selain itu, dalam hadis sahih Rasulullah menyebutkan, bahwa penghuni neraka kebanyakan orang-orang fakir dan wanita. “Aku melihat ke dalam Surga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita” (HR: Al- Bukhari dan Muslim).

Benarkah?. Lalu, mengapa wanita? Apa yang salah dengan wanita, hingga banyak yang masuk neraka?.

Baca: Astagfirullah, Ini 5 Penyebab Banyak Wanita Masuk Neraka

Dalam hadis yang lain, Rasulullah menjelaskan tentang wanita penghuni Neraka, beliau bersabda: “Wanita-wanita yang berpakaian tetapi mereka telanjang, melenggak-lenggokkan kepala mereka kerana sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti punuk unta. Mereka tidak masuk Surga dan tidak mendapatkan wanginya Surga padahal wanginya boleh didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian” (HR: Muslim dan Ahmad).

Dari Imran bin Husain dia berkata, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya penduduk Surga yang paling sedikit adalah wanita” (HR : Muslim dan Ahmad).

Baca: Mengapa Lebih Banyak Kaum Hawa Masuk Neraka?

Maksud hadis di atas berdasarkan Imam Qurthubi (rahimahu ‘Llah) ialah, “Penyebab sedikitnya kaum wanita yang masuk Surga adalah hawa nafsu yang mendominasi pada diri mereka, kecondongan mereka kepada kesenangan-kesenangan dunia, dan berpaling dari akhirat kerana kurangnya akal mereka dan mudahnya mereka tertipu dengan kesenangan-kesenangan dunia yang menyebabkan mereka lemah untuk beramal. Kemudian mereka juga sebab yang paling kuat untuk memalingkan kaum lelaki dari akhirat disebabkan adanya hawa nafsu dalam diri mereka, kebanyakan dari mereka memalingkan diri-diri mereka dan selain mereka dari akhirat, cepat tertipu jika diajak kepada penyelewengan terhadap agama dan sulit menerima jika diajak kepada akhirat”. Wallahu A’lam. (okezone.com/Salimah)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura