Inilah Berat Badan Ideal Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Berat Badan Ideal Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tubuh wanita akan bertambah gemuk saat sedang hamil. Namun, bukan berarti Anda boleh terlalu gemuk saat sedang hamil. Kondisi ibu yang terlalu gemuk bisa menimbulkan berbagai gangguan pada ibu dan janinnya.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengatur berat badan agar tetap berada pada kondisi ideal dan tetap menjaga pola makan dengan gizi cukup dan seimbang.

Peningkatan berat badan di trimester pertama akan meningkat relatif sedikit atau belum ada peningkatan sama sekali, bahkan berat badab cenderung berkurang karena muntah-muntah. Berat badan akan meningkat tajam saat sudah memasuki trimester ke-2 dan 3. Pada priode inilah berat badan harus dikontrol dengan benar.

Normalnya, berat badan akan bertambah sebanyak 12-15 kg selama kehamilan. Pada trimester ke-2 janin akan tumbuh hingga 10 gram per hari. Pada minggu ke 16 bayi akan tumbuh sekitar 90 gram, minggu ke-20 sebanyak 256 gram, minggu ke 24 sekitar 690 gram, dan minggu ke 27 sebanyak 900 gram.

Beberapa sumber menggolongkan kenaikan berat badan normal saat hamil berdasarkan indeks masa tubuh Anda sebelum masa kehamilan, seperti berikut ini:

Kriteria Kenaikan Berat Normal Badan Pada Ibu Hamil:

1. Ibu hamil yang sebelumnya memiliki berat badan underweight dengan indeks massa tubuh (BMI) kuang dari 18,5 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila bobotnya bertambah 13 sampai 18 kg.

2. Ibu hamil yang sebelumnya memiliki berat badan normal dengan indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 dan 24,9 maka peningkatan berat badan dikatakan normal jika bertambah 11 hingga 16 kg.

3. Pada ibu overweight dengan indeks massa tubuh (BMI) antara 25 dan 29,9 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila ibu hamil bobotnya bertambah 7 sampai 11 kg.

4. Ibu yang mengalami obesitas sebelum hamil dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila pada saat hamil bobotnya bertambah 5 sampai 9 kg.

Idealnya, berat badan calon ibu saat mulai kehamilan berkisar antara 45 sampai 65 kg. (doktersehat.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.