PortalMadura.com

Inilah Cara Atasi Kulit Wajah yang Memerah Setelah Pakai Retinol

  • Jumat, 3 Agustus 2018 | 19:00
Inilah Cara Atasi Kulit Wajah yang Memerah Setelah Pakai Retinol
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di dunia kecantikan, retinol sangat digemari karena sifatnya yang dapat mengatasi anti penuaan dan jerawat. Anti-oksidan ini dapat ditemukan dalam beberapa bentuk atau secara keseluruhan dalam produk perawatan kulit.

Perlu Anda ketahui, bahwa retinol merupakan bahan kimia yang sangat kuat, dan bisa menimbulkan reaksi yang kuat juga pada jenis kulit tertentu.

Jadi, mungkin saja ketika memakai produk perawatan kulit yang mengandung Retin-A ini sebelum tidur, dan ketika bangun kulit wajah menjadi merah. Lalu, apa yang harus dilakukan?.

Seorang dokter kulit, Matthew Zirwas menyarankan, agar jangan mencoba memakai masker yang mengklaim ‘menenangkan’. Sebab pada titik ini, kulit sangat sensitif sehingga tidak perlu memanjakannya dengan formulasi kosmetik apapun. Sebagai gantinya, tenangkan kulit dengan kompres dingin.



Caranya, celupkan kain lap ke dalam dua gelas air dan seperempat sendok teh cuka sari apel, yang akan membuat kulit sedikit lebih asam, sehingga mengurangi iritasi. Letakkan kompres pada wajah selama 10 menit. Setelah selesai, campurkan larutan gliserin organik dan air yang sama bagiannya, lalu oleskan pada wajah. Setelah itu, oleskan minyak kelapa organik.

“Pastikan mengunakan virgin coconut oil yang melalui proses cold-prressed, karena proses pemurnian menghilangkan banyak senyawa bermanfaat. Ulangi prosesnya dua atau tiga kali sehari sampai bengkak mereda,” ujar Zirwas.

Nah, apabila rasa sakit dan pembengkakan semakin parah sampai memengaruhi seluruh tubuh, serta berlangsung selama lebih dua minggu, atau disertai dengan gejala lain seperti kelelahan ekstrim, penurunan berat badan, dan perubahan kebiasaan buang air besar atau kecil, segera temui dokter. Hal ini bisa menjadi kondisi yang lebih serius. (tempo.co/Salimah)

Loading...
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional