oleh

Inilah Cara Cepat Atasi Cacar Air Tanpa Bekas

PortalMadura.Com – Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Pada umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak walaupun tak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa pun bisa terkena juga.

Secara fisik, penyakit cacar air ditandai dengan adanya ruam kemerahan pada kulit yang membentuk bentolan kecil. Bentolan tersebut mengandung air dan kerap kali membuat penderitanya merasa gatal. Jika bentolan itu pecah, maka akan meninggalkan bekas yang biasanya sulit untuk dihilangkan.

Agar cacar air cepat kering dan tidak berbekas, ikutilah cara alami berikut ini.

Jus Buah Mengkudu
Siapa yang tak kenal buah yang rasanya terbilang sangat pahit ini? Ya, meskipun buah ini tidak enak tetapi jangan ragukan kemampuannya. Mengkudu merupakan buah yang kaya akan khasiat, termasuk dalam menyembuhkan cacar air. Caranya yaitu, ambil sebanyak 30 gram buah mengkudu matang, cuci bersih, lalu blender hingga halus untuk dijadikan jus. Setelah itu, minum ramuan tersebut secara rutin 2-3 kali sehari.

Kacang Hijau
Jika Anda tidak menyukai ramuan 1 karena rasanya yang sangat pahit, solusi selanjutnya Anda bisa menggunakan ramuan tradisional kacang hijau. Caranya adalah dengan merendam kacang hijau dengan air hingga mengembang, lalu tumbuk halus.Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.

Temulawak
Anda juga bisa memanfaatkan temulawak untuk mengobati cacar air. Caranya yaitu, ambil sebanyak 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan air sebanyak 600ml. Lalu cuci hingga bersih, dan potong kecil-kecil kencur tadi. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tadi dan rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Nah, ramuan tadi bisa Anda minum sebanyak 2-3 kali sehari.

Jagung Muda
Obat tradisional untuk mengobati cacar air adalah jagung muda. Caranya yaitu cuci terlebih dahulu jagung muda yang Anda dapatkan. Setelah itu parut, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air. Cara pengobatan ini bisa Anda lakukan secara rutin, dimulai dari tahap pengobatan, penyembuhan, hingga menghilangkan bekas cacar air.

Nah, itulah 4 cara mengobati cacar air menggunakan ramuan tradisional dengan pengolahan yang lebih mudah. Selain itu, obat tradisional cacar air di atas terbilang efektif dan harganya sangat ekonomis!(disehat.com/Diyah)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.