oleh

Inilah Cara Membuat Dem-Jeddem Madura

PortalMadura.Com, Pamekasan – Mungkin anda ingin membuat Dem-Jeddem tradisional Madura yang sering dimainkan oleh anak-anak Madura?. Cara membuatnya sangat mudah dan tidak terpaku aturan. Yang penting bagaimana cara mengasah kreativitas anda. Berikut caranya ;

Langkah 1 :

Buang penutup bagian atas dari kaleng-kaleng susu. Serta buat lubang lingkarang diantara bagian bawah kaleng, dan lubang-lubang kecil disekitarnya, layaknya sebuah sarangan pada knalpot sepeda motor. Kurang lebih 3 buah kaleng. Selain itu bolongi 4 kaleng lainnya. Setelah itu susun kaleng-kaleng susu tadi seperti sebuah knalpot (memanjang). Tempatkan kaleng yang bersarangan tadi dibagian belakang. Dan bagian yang bolong semua dibagian depan melanjutkan 3 kaleng dengan lubang kecil pada bagian bawahnya. (asumsi penulis menggunakan 7 Kaleng susu).

Langkah 2 :

Setelah kaleng tersusun lakukan pelekatan antar kaleng tersebut menggunakan lem diantara kaleng-kaleng tadi dan tambahkan lakban agar kaleng susu tidak terlepas ketika digunakan nanti. Setelah itu potong separuh dari botol plastik yang digunakan (botol coca cola) tanpa membuang tutupnya. Lalu masukkan potongan botol plastik ke dalam susunan kaleng susu pada bagian belakang yang menggunakan sarangan tadi. Setelah itu lekatkan botol plastik tadi dengan lem atau lakban sesuai pengetahuan pembaca.

Langkah 3 :

iklan hari santri

Setelah terbentuk selongsong panjang kaleng susu dengan bagian belakang berkepala potongan botol plastik tadi. Ambillah pemantik api dengan magnet dari korek api. Lalu buka tutup botol tadi dan tempatkan pemantiknya pada tutup botol dengan melubangi sedikit bagian tengahnya. Masukkan sedikit kabel pemantik api dari magnet tersebut kedalam tutup botol tadi.

Sekiranya ada ditekan terdapat percikan api didalam meriam tersebut. Gunakan beberapa cara agar pemantik magnet tadi agar tidak terlepas setelah ditekan. Biasanya penulis menggunakan tutup botol dobel sebagai pembungkusnya. Dan direkatkan dengan lakban. Yang akhirnya pemantik hanya terlihat tombolnya saja.

Langkah 4 :

Setelah semua langkah-langkah diatas dikerjakan dengan baik, saatnya untuk mencoba meriam ini. Caranya semprotkan spiritus pada bagian belakang dengan membuka tutup botol. Gunakan alat penyemprot seadanya. Baik dari bekas parfum atau apapun yang memiliki manfaat yang sama. Semprotkan sekitar 5-7 spiritus kedalam selongsong tadi.

Setelah itu tutup kembali botol plastik tadi. Lalu putar-putar dengan tangan beberapa kali. Dan tekan tombol pemantik yang terdapat pada bagian belakang ditutup botol plastik tadi. DEM bunyi nyaring akan keluar. Dan dinyatakan untuk siap “PERANG” dengan yang lain.

Begitulah cara membuatnya, mudahkan? Dari pada harus merogoh uang lebih baik mencoba mengasah kreativitas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(faridilham.wordpress/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.