Inilah Cara Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Serangan Jantung

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Cara Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Serangan Jantung
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Saat ini, penyakit jantung tidak hanya diderita pada usia lanjut, tetapi usia muda juga bisa mengalami penyakit ini. Ada banyak jenis penyakit jantung, mulai dari , katup jantung, jantung koroner, aritmia (gangguan irama jantung), dan beberapa lainnya.

Dengan banyaknya potensi masalah semacam itu, maka tak menutup kemungkinan kita bisa berada dalam kondisi di mana orang di samping kita tiba-tiba mendapat serangan jantung. Bila sudah demikian, maka kesigapan kita dalam memberi pertolongan menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Pertama, ketahui ciri dari serangan jantung yakni seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Heart Center Siloam Hospital Lippo Village, Vito Damay di Jakarta. Dada terasa sangat sakit seperti ditekan benda berat sehingga rasanya mau mati. Bila hal tersebut terjadi, maka tidak ada cara lain selain membawanya ke rumah sakit.

Sebelum itu, Anda bisa memberinya pertolongan peetama pada si penderita. Dengan cara, orang yang terkena serangan jantung harus diberi ruang untuk bernafas. Salah satu caranya bisa dengan membuka bajunya agar dia bisa bernafas senyaman mungkin. Selain itu, bagi orang-orang sekitar tidak dalam situasi mengerumuni. Kemudian, bawalah ke rumah sakit.

Jika orang yang terkena serangan jantung tersebut memiliki obat yang dibekali dokter, maka obat tersebut bisa diminumkan.

Biasanya, obat bawah lidah yang berfungsi untuk meredakan gejala serangan jantung. Namun, obat itu tidak membuat kita menunda untuk membawanya ke rumah sakit melainkan hanya bisa diberikan ketika dalam perjalanan ke rumah sakit.

“Itu untuk meredakan gejala saja tapi tidak menyelamatkan nyawa dia, atau menghancurkan pembekuan darah,” kata Vito.

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah berdoa semoga dia masih bisa bertahan hingga rumah sakit.

“Karena banyak orang (serangan jantung) enggak bisa sampai ke rumah sakit,” ucapnya.

Demikian mengenai pertolongan pertama yang harus dilakukan bila kita berada pada saat ada orang atau kerabat kita yang terkena serangan jantung. Semoga informasi di atas bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.