Inilah Faktor Utama Kaca Mobil Anda Mudah Pecah

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Faktor Utama Kaca Mobil Anda Mudah Pecah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kaca merupakan salah satu bagian vital pada mobil yang dapat melindungi pengendara. Baik itu dari polusi udara, angin, debu, atau bahkan kerikil. Tidak heran, jika kompenen yang satu ini juga memerlukan perhatian khusus agar tidak cepat rusak.

Pasalnya, meskipun terbuat dari temper glass yang lebih tahan dengan berbagai cuaca dan getaran. Namun perlu diingat, bahwa kaca mobil juga sangat dan bisa memuai. Untuk itu, ada baiknya jika pemilik mobil selalu memerhatikan kaca mobilnya.

Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, kemungkinan-kemungkinan kaca mobil pecah dan memuai tetap ada (menjadi penyebab kaca mudah pecah). Meski kemungkinannya sedikit, bila tidak dipacu oleh suatu penyebab yang ia sebut initial crack.

“Kalau tidak ada initial crack (penyebab-Red), kondisi ini tidak akan terjadi sama sekali (kaca mobil pecah). Semua kaca di kendaraan pasti sudah memakai temper namun tetap saja akan memuai kena panas, dan tidak baik juga kena dingin yang ekstrem,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Anjar, belum lagi bila melintasi jalanan yang cukup bergelombang, hal itu akan terjadi getaran atau vibration. Kalau sudah ada initial crack bisa ada potensi.

Maka dari itu, pemilik mobil harus selalu memerhatikan kaca mobil khususnya di bagian depan. Langsung tangani ketika disinyalir terdapat hal yang mencurigakan pada kaca mobil kesayangan Anda.

“Sepanjang tidak ada initial crack, kaca akan baik-baik saja. Tapi ada baiknya juga bila diparkir cukup lama, mobil disarungi agar suhunya tidak ekstrem,” tutupnya. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.