Inilah Fungsi Tutup Pentil yang Sering Diabaikan Pengendara

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Fungsi Tutup Pentil yang Sering Diabaikan Pengendara
ilustrasi

PortalMadura.ComValce cap atau pada kendaraan seringkali diremehkan oleh pengendara. Padahal, selain mesin komponen kecil ini juga penting untuk dijaga agar kendaraan aman saat dikendarai.

Pasalnya, tutup pentil memiliki fungsi untuk melindungi pentil ban dari kotoran. Selain itu, asisten manajer technical training PT. Daya Adicipta Mustika (DAM), Ade Rohman, mengungkapkan, tutup pentil berperan sangat penting bagi ban kendaraan. Terdapat dua fungsi utama pada komponen kecil ini.

Pertama, menjaga tekanan ban agar tetap stabil atau tidak mudah kempis. Sedangkan fungsi yang tidak kalah penting adalah mencegah kotoran masuk ke dalam ban dan mencegah ban mudah mengalami korosi.

Perlu pengendara ketahui, bahwa tutup pentil sendiri terdiri dari beberapa jenis, pertama plastik, kedua dari bahan metal yang di dalamnya terdapat lapisan karet untuk menyumpal udara, kotoran hingga debu dan air agar tidak masuk.

Selain itu, ada jenis tutup pentil yang memiliki indikator untuk memberitahu pengguna mengenai tekanan ban berkurang atau tidak. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.