Umat Islam, Ini 5 Obat Ampuh Sembuhkan Penyakit Hati

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini 5 Obat Ampuh Sembuhkan Penyakit Hati
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia pasti pernah dihinggapi perasaan dengki, iri, sombong, dan lain sebagainya. Sifat-sifat buruk itu timbul dari hati atau yang lebih dikenal dengan .

Ketika hati seseorang sudah buruk tentu yang dikerjakannya pun tidak di ridai oleh Allah SWT. Maka dari itu, sebagai umat Islam harus membuang jauh-jauh sifat kotor itu. Sebab, penyakit hati jauh lebih berbahaya dari pada penyakit fisik. Penyakit hati dapat mengakibatkan kesengsaraan bagi Anda, kesengsaraan di dunia dan kesengsaraan di akhirat.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati” (HR. Bukhari).

Jadi, hadis di atas dapat disimpulkan bahwa baik buruknya seseorang itu dari hati. Jadi sebisa mungkin lawanlah dan buanglah penyakit hati Anda. Jika tidak dilawan penyakit itu, maka dia akan selalu berkembang biak di dalam dada Anda. Nah, lalu bagaimana cara melawan dan mengatasi penyakit hati?.

Berikut lima yang sangat ampuh dan dianjurkan oleh Rasulullah untuk melawan penyakit hati:

Membaca Alquran dan Merenungkan Maknanya
Di saat Anda mulai merasa kesal dan sakit hati, cobalah untuk membaca Alquran dan merenungkan maknanya agar hati Anda dapat menjadi lebih tenang.

Melakukan Salat Malam (Tahajjud)
Ketika Anda tidak mampu membuang segala rasa kebencian dan kesedihan di dalam hati, maka dirikanlah salat malam yaitu salat tahajud.

Beritahukan semua masalah Anda sama Allah dan mintalah dengan sungguh-sungguh kepada Allah. Insya Allah, Allah akan memberikan ketenangan hati kepada Anda.

Berkumpul atau Bergaul dengan Orang-orang Saleh
Jika Anda selalu berkumpul dengan orang-orang yang saleh seperti di majelis ta'lim dan bergaul dengan orang-orang tersebut, maka setiap hari Anda akan mendapatkan siraman rohani. Sehingga hati Anda akan menjadi lebih tenang.

Perbanyak Berpuasa
Dengan berpuasa maka hawa nafsu Anda dapat terkendali. Pastinya, penyakit hati yang ada di dalam hati Anda sedikit demi sedikit akan hilang.

Berzikir dan Berdoa dengan Merendahkan Diri di Hadapan Allah
Ketika Anda mengalami penyakit hati, maka cepatlah untuk mengingat Allah dan berzikirlah dengan menyebut namanya, lebih-lebih di saat sepertiga malam. Karena, dengan berzikir hati Anda akan menjadi lebih tenang. Wallahu A'lam. (akidahislam.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.