Inilah Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Pasang Suspensi Udara

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Pasang Suspensi Udara
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring semakin berkembangnya kebutuhan konsumen, ada banyak teknologi baru yang dirancang untuk kendaraan, khususnya pada mobil. Salah satunya yaitu atau yang biasa disebut dengan .

Selain komponen lainnya, perangkat ini juga membutuhkan perawatan yang ekstra dari para pengendara. Bahkan, bisa melebihi dari suspensi biasa. Karena, komponen pada air suspension terbilang cukup banyak.

Lantas, bagaimana cara perawatannya?.

Dalam merawat air suspension menurut Yosef Bee, selaku punggawa H2O Bodyworks, lebih menekankan pada jalur udaranya. Adapun beberapa komponen yang harus diperiksa, yakni tabung udara, kompresor, valve, selang, airbag, naple dan jalur kelistrikan.

Untuk tabung udara sendiri sebaiknya dikosongkan secara berkala. Hal tersebut berfungsi agar terhindar dari pengendapan embun dalam tangki. Dalam melakukan pengosongan, biasanya tangki udara dilengkapi baut yang berfungsi sebagai jalur untuk menguras.

“Hal yang mendasar itu saja. Karena apabila ada pengembunan di dalam tangki, udara akan bercampur air. Dan ini akan menyebar ke seluruh part yang dialiri oleh udara tersebut. Pemeriksaan sebulan sekali cukup,” jelas Yosef.

Selanjutnya selang, di mana perlu memastikan jalurnya aman dan tidak mengenai benda bergerak. Soalnya, risiko selang terjepit atau bocor akibat tergesek komponen lain bisa saja terjadi.

“Periksa naple dan pastikan tidak ada kebocoran di bagian tersebut. Caranya bisa dengan menyemprotkan air sabun menggunakan semprotan air,” ujarnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk valve dan air bag. Pastikan kondisi keduanya baik dan tidak ada kebocoran. Terakhir adalah kelistrikan, di mana pengecekan dilakukan pada sekring.

“Tabung saja sebulan sekali. Untuk check yang lainnya bisa agak jauh temponya, 3 bulan sekali,” tutup Yosef. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.