Inilah Jumlah Langkah Kaki Per Hari yang Direkomendasikan untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Jumlah Langkah Kaki Per Hari yang Direkomendasikan untuk Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai bentuk olahraga, Jalan kaki sering kali di anggap remeh oleh sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa, nyatanya berjalan kaki dapat membantu menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat.

Berjalan kaki memang merupakan cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang dilakukan tanpa memerlukan usaha dan energi yang berlebih. Meski demikian, adakah jumlah langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan ?

Sebenarnya, Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat tidak memiliki rekomendasi seberapa banyak langkah yang harus kita lakukan per harinya.

Namun, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya.

Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, kita perlu berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari.

Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa, jalan 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.
Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan jalan 10.000 langkah sehari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh mereka.

Meski berbagai lembaga kesehatan tidak menyebut angka 10.000 langkah per hari, tapi mereka tetap menilai bahwa “berjalan” merupakan kegiatan yang berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Jadi, pada dasarnya tidak ada acuan berapa langkah per harinya yang harus dilakukan. Hanya saja semakin banyak aktivitas yang kita lakukan maka semakin banyak pula manfaat kesehatan yang didapatkan.

Rata-rata orang bisa berjalan antara 3.000 sampai 4.000 langkah per hari, itupun bagi mereka yang memang memiliki aktivitas yang memungkinkan untuk bergerak.

Nah untuk mengetahui berapa langkah yang sudah dilakukan setiap hari, Anda bisa menggunakan alat pedometer ataupun mengunduh aplikasi tersebut di ponsel. Pedometer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menghitung langkah orang yang berjalan ataupun berlari.

Menurut American College of Sports Medicine, hitungan langkah bukanlah ukuran kualitas latihan yang akurat dan tidak boleh dijadikan patokan dari aktivitas fisik seseorang.

Jadi gunanya mengetahui langkah berjalan tersebut agar dapat menjadi lebih antusias dan semangat untuk melakukan aktivitas yang membuat aktif bergerak seperti berjalan atau berlari.

Dengan berjalan, Anda juga bisa meningkatkan kebugaran, mengurangi berat badan, mengubah pola hidup agar lebih aktif, serta memulihkan kesehatan atau terapi.

Bagi Anda yang memiliki kesibukan, tak usah khawatir bagaimana cara menyesuaikan aktivitas berjalan dengan kesibukan. Menjadikan jalan kaki sebagai aktivitas yang menyehatkan sebenarnya sangat mudah. Berikut tips yang bisa Anda gunakan agar bisa melangkah lebih banyak.

1. Ketika naik dan turun angkutan umum, berjalanlah dari halte menuju          tempat tujuan

2. Berjalan kaki saat berbelanja ke pusat perbelanjaan

3. Mencari makan siang dengan berjalan kaki

4. Memilih naik tangga bukan lift, ataupun naik eskalator

5. Jalan santai bersama pasangan ataupun binatang peliharaan agar lebih menyenangkan

6. Rencanakan jalan-jalan yang menarik selama hari libur

7 . Ikut kegiatan acara jalan santai yang sering diadakan oleh komunitas

8. Memilih berjalan kaki ketimbang naik kendaraan untuk mencapai tujuan yang dekat

Yang terpenting adalah, jangan bosan untuk selalu meningkatkan aktivitas sehari-hari dengan selalu aktif bergerak dan diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti, tetap melakukan olahraga teratur, menjaga asupan makanan, menghindari stres, berhenti merokok, cukup tidur dan lain sebagainya.

Itulah jumlah langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.