Inilah Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digunakan Bersamaan, Perhatikan Ladies!

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digunakan Bersamaan, Perhatikan Ladies!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian wanita seringkali mengaplikasikan skincare secara berlapis (mengadopsi 10 step Korean skincare), hal ini tentu tidak bisa ditelan mentah-mentah. Apalagi jika tidak paham dengan kandungan skincare yang dipakai, it would backfire you. Mengapa?.

Pasalnya, ada kandungan skincare yang tidak bisa dipakai bersamaan. Bukannya wajah cerah, malah jadi semakin bermasalah. Jadi, jika tidak ingin kulit Anda menjadi tambah bermasalah, pastikan untuk menggunakan produk secara terpisah.

Berikut ini beberapa kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan:

Retinol + Acid
Retinol merupakan kandungan skincare aktif yang ampuh mengatasi jerawat dan mengurangi penampakan keriput. Retinol tidak sama dengan eksfoliator, namun cara kerjanya serupa, yakni membantu pergantian sel. Bila retinol dipakai bersamaan dengan eksfolian lainnya, bisa dipastikan lapisan pelindung kulit jadi rusak, berakibat kulit merah dan sangat kering. Jadi, jangan pernah kombinasikan pemakaian retinol dengan berbagai macam asam.

AHA/BHA + Vitamin C
AHA/BHA yang juga merupakan asam seperti glycolic, lactic, dan salicylic acid berfungsi sebagai chemical exfoliant, yang artinya membuat wajah cerah dan bercahaya. Tapi, jangan pernah dipakai berlapis bersama vitamin C (L-ascorbic acid) jika tidak ingin pH kulit jadi sangat asam. Beri jarak hari antara pemakaian vitamin C dan AHA/BHA untuk bantu atasi hiperpigmentasi atau mencerahkan wajah.

Sementara itu, pemakaian AHA/BHA sangat disarankan untuk selalu diikuti dengan produk yang super melembapkan seperti hyaluronic acid atau aloe vera.

Benzoyl Peroxide + Retinol
Untuk masalah jerawat, benzoyl peroxide tetap jadi yang paling ampuh menyingkirkannya. Begitu pula dengan retinol. Namun, jika keduanya dipakai secara berlapis, dapat membuat kulit iritasi karena dua kandungan ini sangat kuat.

Sebenarnya bisa dipakai beriringan, benzoyl peroxide di pagi hari dan retinol di malam hari. Sementara itu, benzoyl peroxide tidak masalah jika dikombinasikan dengan AHA/BHA yang juga baik mengatasi jerawat.

Vitamin B3 (Niacinamide) + AHA
Niacinamide, kandungan yang sedang populer di produk skincare ini sangat baik untuk memperbaiki tekstur dan kondisi kulit. Produk ini bekerja pada pH kulit netral. Sedangkan pemakaian AHA (glycolic dan lactid acid) membuat pH kulit jadi rendah. Sudah pasti tidak cocok. Bila dipakai bersamaan, dapat membuat kulit iritasi dan merah. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.