Inilah Manfaat Sering Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Manfaat Sering Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas orang lebih memilih menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang lebih suka berkegiatan di .

Berada di luar ruangan atau di dalam memang merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, sebagian orang mungkin setuju bahwa menghirup udara segar, berlari tanpa alas kaki di rerumputan, dan menikmati sinar matahari yang cerah terasa begitu menyenangkan, serta menyehatkan.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika sering di luar ruangan bagi kesehatan:

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari berinteraksi dengan alam adalah menurunnya tingkat stres. Stres diketahui bisa memperburuk penyakit. Sehingga semakin sering Anda menghabiskan waktu dengan alam adalah Anda terbebas dari stres. Penelitian menunjukkan bahwa berkebun bisa mengurangi kadar kortisol tubuh.

Saat tingkat stres menurun, maka kesehatan mental jadi meningkat. Anda pun terhindar dari depresi. Menghabiskan waktu di alam juga bisa mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan kinerja kognitif. Penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa berlarian di alam bebas bisa meningkatkan prestasi akademik anak-anak.

Selain meningkatkan kemampuan kognitif, bermain di luar bisa menghindarkan anak-anak dari rabun jauh yang umumnya disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari.

Terakhir, alam juga memiliki efek mendalam pada penyembuhan. Hal ini diketahui dari percobaan yang melibatkan pasien pascaoperasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasien yang sering melihat alam bebas dari jendela memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tinggal di kamar tanpa jendela. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.