Inilah Perkembangan iPhone yang Jarang Diketahui Penggunanya

Penulis: HartonoEditor: Hartono
pakai satu
Apple iPhone 13 Pro (tangkapan layar)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Perangkat elektronik seperti handphone mulai banyak mengembangkan teknologi terbarunya. Seiring bertambahnya waktu, iPhone sebagai gadget yang populer di masyarakat pun selalu mengembangkan produknya. Di balik suksesnya iPhone di era ini, mungkin belum banyak diketahui seperti apa perkembangan smartphone tersebut.

Di bawah ini akan dijelaskan seluk beluk perkembangan iPhone mulai dari usaha rintisan hingga perusahaan besar. Bahkan produknya sangat diminati masyarakat Indonesia karena sejumlah keunggulannya yang tidak dimiliki oleh merek handphone lainnya. Daripada penasaran, lebih baik langsung baca artikelnya di bawah ini.

Sejarah Awal Apple

Awalnya, Steve Jobs selaku pemilik perusahaan terbesar Apple, menciptakan handphone dengan logo apel yang terinspirasi dari Newton. Newton yang melihat buah apel jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi tersebut membuat Steve ingin membuat logo handphonenya yang baru.

Logo apel yang dibuat rupanya terlalu detail sehingga akan sulit diingat oleh orang-orang. Kemudian, Steve mengganti kembali logo apel yang telah dibuat dengan lebih sederhana yaitu gambar apel yang digigit. Hal ini menunjukkan bahwa itu adalah buah apel, bukan tomat, ceri atau sebagainya.

Warna monokrom seperti abu-abu atau hitam pun menjadi ciri khas tersendiri dari Apple. Warna ini lebih sederhana, minimalis, elegan dan tentunya dengan desain logo apel yang dibuat akan membuat orang-orang lebih mudah mengingat Apple.

Produk iPhone Pertama

Perkembangan iPhone selanjutnya yaitu lanjut pada tahun 2007, ini merupakan tahun pertama bagi Apple untuk meluncurkan produk keluaran terbarunya. Produk pertama yang dikenalkan adalah iPhone 2G.

iPhone 2G inilah yang merupakan awal dari lahirnya iPhone dengan generasi terbaru. Lima bulan setelah diluncurkan, pada 29 Juni 2007 Apple versi pertama ini mulai dijual di Apple Store dan di sejumlah toko.

Banyak masyarakat yang antusias akan produk Apple ini. iPhone ini memiliki warna silver dengan hitam di bagian bawahnya, logo apelnya berwarna silver glossy yang memberi kesan mewah. Kemudian untuk ukurannya sendiri cukup kecil dan bisa digenggam dalam satu genggaman.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Walaupun begitu, pada saat itu iPhone jenis ini merupakan satu-satunya handphone dengan layar sentuh yang besar serta telah mendukung jaringan 2G. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat ingin beralih ke Apple karena sudah menggunakan teknologi touch screen. Sementara handphone pada masa itu masih menggunakan keyboard fisik.

Perkembangan Produk Apple

Setelh diluncurkannya produk iPhone 2G, beberapa waktu kemudian Apple meluncurkan produk-produk terbaru lagi sesuai generasi. Ini yang membuat Apple semakin menjadi pusat perhatian masyarakat karena kecanggihan teknologinya.

1.     Generasi Kedua (2008)

Apple tidak berhenti berinovasi sejak diluncurkannya iPhone 2G. Pada 2008, Apple kembali merilis iPhone generasi kedua yaitu iPhone 3G pada suatu acara WWDC 2008. Semakin canggih, gadget versi terbaru dari Apple ini sudah mendukung jaringan 3G yang memiliki kecepatan mencapai 3.6 Mbps serta dilengkapi dengan GPS.

Untuk layarnya pun tetap dengan teknologi touch screen multi touch. Layarnya sendiri memiliki ukuran 3.5 inci dengan resolusinya 320 x 480 pixel. Sementara itu, bagian belakangnya menggunakan plastik hitam putih dan telah didukung fitur geotagging.

Apple mengklaim bahwa iPhone versi 3G ini bisa memutar musik sampai 24 jam, dan melakukan panggilan 3G selama 3 jam. Selain itu, selama 5 jam mampu berselancar di internet dengan jaringan 3G dan juga untuk memutar video hingga 7 jam lamanya.

2.     Generasi Ketiga (2009)

Berkembang semakin canggih dan modern, Apple kembali meluncurkan iPhone 3GS pada tahun 2009. Adanya huruf S merupakan singkatan dari speed. Hal tersebut menunjukkan prosesor iPhone lebih cepat 600 MHz dan ukuran RAM ditingkatkan menjadi 256 MB. Hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi Apple karena mampu mengembangkan produknya dari sisi kualitas dan spesifikasi.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Soal sistem operasi iPhone, versi generasi ketiga ini sudah menggunakan OS 3.0 dengan fitur cukup lengkap seperti cut, copy, paste, memo suara, kompas, dan masih banyak lagi.

iPhone 3GS versi ketiga ini dirilis pada 19 Juni 2009 dan memiliki dua varian kapasitas RAM yaitu ada yang 16 GB dan juga 32 GB. Ukuran ini sudah terhitung besar untuk ukuran handphone pada masa itu.

3. Generasi Terbaru iPhone 13

Seiring perkembangan iPhone semakin canggih dan modern, hingga pada tahun 2021 Apple meluncurkan iPhone 13 dengan spesifikasi terbaik dari semua produk yang pernah dibuat.

Saat ini, harga iPhone 13 bisa mencapai angka 23 juta, tentunya harga tersebut juga worth it dengan spesifikasi yang ditawarkan dan kualitas produknya. Contohnya iPhone 13 Pro Max yang memiliki memori internal mencapai 256 GB dan detail OS yaitu iOS 15. Ini adalah produk terbaru dengan versi yang terbaru juga.

Jika Anda berminat ingin membeli gadget mewah ini, Anda bisa mengunjungi Blibli.com untuk menemukan banyak pilihan produk iPhone dengan penawaran spesial. Di Blibli, Anda bisa memilih iPhone dengan produk yang original dan kualitas terbaik.

Di Blibli juga Anda bisa mendapat voucher potongan harga atau diskon gratis ongkir. Sehingga akan membuat pengalaman belanja online Anda semakin baik dan tidak mengecewakan.(*)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.