Inilah Tanda-tanda Anak Cerdas dan Berkualitas

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Tanda-tanda Anak Cerdas dan Berkualitas
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki buah hati yang cerdas, dan berkualitas tentu adalah dambaan dan mimpi setiap orang tua. Banyak orangtua melakukan berbagai macam usaha demi membuat anaknya menjadi lebih cerdas dan berkualitas.

Biasanya seorang anak baru bisa dikatakan cerdas ketika mereka telah memasuki usia sekolah. Nah, tugas Anda sebagai orang tua adalah mengenali dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri si kecil agar ketika kelak ia benar – benar telah memasuki di dunia sekolah ia dapat menjadi anak yang cerdas dan berkualitas.

Meskipun demikian, ada beberapa tanda yang dapat anda ketahui apakah anak anda termasuk anak yang cerdas. Berikut ini adalah tanda-tanda anak cerdas dan berkualitas yang wajib diketahui oleh setiap orangtua.

Daya Ingat Kuat
Anak yang cerdas biasanya memiliki ingatan yang kuat terhadap berbagai macam informasi yang pernah dilihat atau didengarnya. Dengan daya ingat yang baik ini nantinya anak akan lebih mudah memahami dan menangkap pelajaran di sekolah. Selain itu daya ingat juga bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian anak.

Suka Bersosialisasi
Anak lebih cenderung suka bersosialisasi dan bermain dalam kelompok sebaya, dibanding dengan bermain sendiri di rumah dengan video gamenya.

Aktivitas Bervariasi
Anak memiliki kebiasaan atau aktivitas yang bervariasai setiap harinya. Ia juga nampak senang dengan hal – hal baru dan terus melakukan beragam eksperimen dalam kesehariannya.

Mudah Memahami Intruksi
Anak mudah memahami instruksi yang Anda berikan ketika melakukan sebuah permainan. Ia juga nampak antusias ketika Anda memberikan sebuah game baru kepadanyanya.

Sangat Aktif
Anak yang cerdas adalah anak yang selalu aktif dalam kegiatan apapun. Biasanya anak aktif mempunyai fokus perhatian yang baik, lebih sabar, dan suka dengan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik.

Suka Bertanya
Anak selalu bertanya kepada Anda mengenai beragam hal baru yang ia temui dalam kehidupannya.

Memiliki Kosakata Tinggi
Kecerdasan anak juga ditandai dengan penguasaan kosakata yang tinggi. Mereka bisa menggunakan kosakata yang sulit dengan tepat, dan bisa mengucapkannya dalam kalimat yang lengkap. Penelitian juga menemukan bahwa anak-anak dengan kosakata lisan yang baik, akan cenderung lebih cerdas di sekolah.

Tertarik dengan Banyak Hal
Anak cerdas umumnya menunjukkan ketertarikannya dengan banyak hal. Mereka tidak hanya tertarik pada permukaan saja, tetapi juga ingin mengeksplorasi minatnya hingga lebih dalam. Mereka akan mencari tahu dan bertanya tentang banyak hal yang diminatinya. (informid.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.