Inilah Waktu Khitan yang Baik dalam Pandangan Islam

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Waktu Khitan yang Baik dalam Pandangan Islam
ilustrasi (Tempo.co)

PortalMadura.ComKhitan bagi kaum laki-laki Muslim menurut jumhur atau kebanyakan ulama, yaitu hukumnya wajib. Hal ini merupakan ajaran Nabi Ibrahim a.s yang pada masanya beliau di-khitan pada usia 80 tahun.

Sebenarnya, dalam Islam tidak ditentukan waktu yang pasti dan mutlak untuk seorang laki-laki Muslim di-khitan. Beberapa ulama ada yang mengkhususkan angka 7 sebagai penanda usia yang baik, yakni pada usia 7 hari atau 7 tahun (taklif).

Namun, beberapa yang lain mengatakan bahwa sesungguhnya kapan saja baik, asalkan saat usia balig nanti harus sudah di-khitan. Sebab, khitan dalam Islam bermakna taharah yakni pembersihan, dan saat memasuki waktu taklif dan balig seorang Muslim sudah wajib salat, maka taharah yang satu ini harus sudah ditunaikan.

Selain itu, menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani, terdapat waktu wajib dan mustahab untuk khitan. Waktu wajibnya adalah ketika si anak sudah memasuki usia balig, sedangkan waktu mustahab atau sunahnya adalah saat usia si anak belum balig.

Allah SWT berfirman: “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” (QS. Al-Baqarah : 148).

Maka dari ayat inilah beberapa ulama berpendapat bahwa semakin awal seorang anak laki-laki di-khitan, maka akan semakin baik karena khitan ialah suatu kebaikan.

Sebagaimana Syaikh Abdullah Al-Jibrin mengatakan, bahwa alasan seorang laki-laki Muslim lebih baik segera di-khitan saat masih bayi, karena kulitnya lebih lunak sehingga akan memudahkan proses khitan. Semoga informasi ini membuka wawasan Anda tentang terhadap khitan bayi. Wallahu A'lam. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.