oleh

Instagram dan Facebook Kini Bisa Sembunyikan Jumlah “Like”, Ini Caranya

PortalMadura.Com – Tidak dapat dipungkiri, para pengguna sosial media pada umumnya terobsesi dengan jumlah “like” yang didapatkan dari teman-teman yang terhubung dalam jejaringnya. Mereka menganggap apabila mendapat jumlah “like” yang banyak maka menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri.

Sebaliknya, apabila jumlah “like” yang diterima sedikit justru menjadi ketidaknyamanan sendiri. Parahnya lagi, tidak sedikit pengguna yang kemudian berlomba-lomba untuk mendapatkan “like” terbanyak. Nah, hal inilah yang membuat beberapa aplikasi khususnya Instagram berencana untuk menyembunyikan hitungan “like” secara global.

Tujuannya tidak lain agar para pengguna tidak terobsesi dengan jumlah “like” yang dapat memengaruhi kesehatan mentalnya. Setelah diuji coba beberapa waktu lalu, Instagram akhirnya resmi menghadirkan fitur menyembunyikan hitungan “likes” di platformnya. Fitur ini juga hadir di jejaring sosial Facebook.

Kabar ini disampaikan langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, dalam sebuah unggahan melalui akun Instagram resminya.

“Mulai hari ini, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah like pada unggahan orang lain dan pada unggahan Anda sendiri, sehingga orang tidak dapat melihat jumlah like yang Anda dapatkan,” kata Mosseri, seperti dilansir Kompas.com.

Menurut Mosseri, fitur ini akan lebih banyak memberikan pengguna kendali atas pengalamannya saat menggunakan aplikasi milik Facebook tersebut.

Dalam keterangan terpisah yang diunggah di blog resminya, Instagram mengungkapkan bahwa, fitur untuk menyembunyikan jumlah like ini merupakan perubahan besar.

Dengan hadirnya opsi untuk menghilangkan jumlah like ini, Instagram ingin penggunanya bisa lebih fokus pada pada konten yang diunggah, tidak sekadar adu banyak like.

“Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan mengurangi komparasi sosial,” ujar pihak Instagram beberapa waktu lalu.

Cara Menyembunyikan Jumlah “like”

Pengguna bisa menyembunyikan jumlah “like” akun yang di-follow melalui “Posts” di opsi pengaturan. Dari ilustrasi di atas, pengguna hanya perlu menyalakan tombol “hide like and view counts“.

Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikan jumlah “like” di unggahan miliknya. “Caranya, ketika membuat unggahan, pergi ke ‘advanced settings‘ lalu aktifkan opsi ‘hide like and view counts‘,” tulis Instagram.

Fitur menyembunyikan hitungan “like” ini ternyata belum tersedia pada aplikasi Instagram versi terbaru 189.0.0.41.121 di Android. Kemungkinan fitur baru ini akan digelontorkan Instagram secara bertahap kepada penggunanya di seluruh dunia.

Sedangkan untuk Facebook, fitur ini baru akan hadir dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge. Pengguna bisa menyembunyikan hitungan “like” di Facebook dengan pergi ke menu “settings” > “news feed settings” > “reaction counts” > “hide number of reactions“.

Pengguna nantinya akan diberikan dua opsi yaitu untuk menyembunyikan jumlah “like” di unggahan orang lain, atau di unggahan miliknya sendiri. Untuk mengaktifkannnya, pengguna tinggal menggeser tombol toggle ke arah on pada opsi yang diinginkan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Kompas.Com

Komentar