oleh

IPSI Sumenep Siapkan 94 Atlet Menuju Porprov Jatim VII Tahun 2022

PortalMadura.Com, Sumenep – Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyiapkan 94 atlet putra putri dari 14 perguruan silat untuk kejuaraan Porprov Jawa Timur VII tahun 2022.

Ketua Harian IPSI Cabang Sumenep, Imam Syafi’ie, Jumat (19/3/2021) menjelaskan, 94 atlet tersebut dari kelas A sampai F putra putri dengan kategori Tunggal, Ganda dan Regu (TGR) putra putri. Mereka akan diseleksi melalui tiga tahap.

“Tahap pertama dibentuk even pertandingan, kedua lebih pada fisik dan ketiga juga berupa pertandingan sebanyak tiga kali. Nanti bisa ditentukan layak atau tidaknya atlet untuk diikutkan seleksi Porprov Jatim VII tahun 2022,” terangnya.

Dari 28 perguruan pencak silat di Kabupaten Sumenep, hanya 14 di antaranya yang mengikuti seleksi Porprov Jatim 2022. “Porprov ini usia dewasa taruna dari umur 14-21 tahun,” katanya.

Seleksi atlet di tahun 2021, kata dia, berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini memang benar-benar harus matang. “Tahun sebelumnya, seleksi hanya satu kali tanding. Tahun ini tiga kali seleksi dengan cara bertanding dari masing-masing kelas,” ujarnya.

Atlet yang lolos mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2022, akan dilakukan pertandingan ulang di Jatim. “Istilahnya, adalah pra Porprov. Memang, silat itu berat,” terangnya.

Sementara Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumenep, Sutan Hadi Cahyadi berharap para atlet dari berbagai cabang olahraga (Cabor) mampu memberikan yang terbaik untuk Sumenep.

“Kami minta doanya bagi seluruh masyarakat Sumenep agar men-support para atlet yang akan bertanding nanti di Porprov Jatim,” pungkasnya.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar