oleh

Iseng Ngeblog, Mahasiswa Pamekasan ini dapat Uang Ratusan Dollar

PortalMadura.com, Pamekasan– Mendapatkan uang dari hobi yang disenangi memang menyenangkan, itulah yang diungkapkan oleh Hariri Al Gazir. Seorang Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan.

Berawal dari mengenal dunia blogging sejak masih duduk di bangku Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan. Pemuda kelahiran 10 Februari 1995 ini kini keranjingan mengelola sejumlah blog yang mendatangkan pundi-pundi uang untuknya.

Lebih lanjut mahasiswa kalem yang biasa di panggil Hariri ini mengatakan hobi ngeblognya semakin intents dia lakukan sejak tahun 2009. Ketika itu dia yang masih duduk di kelas satu mendapatkan uang pertama dari program google adsense milik raksasa mesin pencari google. Dan darisanalah dia mulai mengerti cara mendapatkan uang dari Internet ternyata sangat mudah.

“Pertama kali mendapatkan uang dari Internet, Seingat saya saat kelas 1 MAN, sejak itu saya fokus mengelola beberapa blog, dan Alhamdulillah sampai saat ini sudah banyak menghasilkan” ungkapnya.

Hebatnya, pemuda asal Desa Larangan Luar, Kecamtan Larangan, Kabupaten Pamekasan ini mengaku tidak setiap hari melakukan posting untuki beberapa blognya. Dia hanya melakukan psoting jika sempat saja karena kesibukanya sebagai mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Hanya sampingan saja, Alhamdulillah blognya menghasilkan walau tidak tiap bulan” ungkapnya.

iklan hari santri

Saat ditanya berapa penghasilan terbesarnya dari blog dia awalnya enggan mengakui, namun setelah PortalMadura.com mendesaknya ia akhirnya mengaku pernah mendapatkan penghasilan hingga $200. Namun di menegaskan jika pendapatan tersebut fluktuatif, sebab dia belum mampu mengelola secara maksimal bebrapa blog miliknya.

“Ya paling besar $200 lah, Alhamdulillah mampu beli TV sendiri dan tidak minta uang jajan lagi.” ungkapnya sambil tersenyum.

Hariri sendiri mengaku mendapatkan ilmu dan ketertarikan untuk menghasilkan uang dari hobinya tersebut setelah bergabung dengan Komunitas Blogger Madura (KBM). Menuruntya pertemuanya dengan para blogegr Madura tersebut mengubah pola pikirnya tentang bloging yang awalnya hanya sekedar iseng, tapi ternyata dapat diarahkan untuk menghasilkan uang.

“Sejak saya bergabung dengan KBM, saya banyak dapat Ilmu tentang blog, mulai etika ngeblog hingga bagaimana menerapkan SEO dalam blog. Asiknya para anggotanya tidak sungkan berbagi ilmu.” ungkapnya.

Sebelum menutup pembicaraan, Hariri mengatakan mendapatkan uang dari aktivitas bloging sangat mudah jika mampu memahami apa yang dibutuhkan para pembaca. Tapi bukan berati seperti membalikkan telapakl tangan, sebab dibutuhkan keseriusan. Apalagi jika diimbangi dengan jaringan pertemanan sesama blogger, maka akan dapat menghasilkan lebih banyak dengan sharing ilmu.

“Bikin blog itu mudah, tapi bikin blog yang bermanfaaat itu yang sulit. Kalau sudah bisa membuat blog yang bermanfaat. Gampang saja mendapatkan uang dari sana” ungkapnya mengakhiri perbincangan. (Deny)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.