oleh

Biaya Operasi Memperbesar Payudara Capai Rp 40 Juta

Jakarta – Memperbesar payudara dengan cara implan semakin banyak dilakukan oleh wanita. Hal ini menimbulkan fenomena baru, yaitu menjamurnya praktek operasi plastik yang dilakukan bukan oleh dokter ahli. Tentunya dengan iming-iming harga lebih murah.

Fenomena ini ditanggapi oleh dr. Irena Sakura Rini, Sp.BP-RE(K) dalam sebuah diskusi bertajuk “Dunia Bedah Plastik Rekonstruksi & Estetik di Indonesia Berkembang Pesat” yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Pada acara itu dr. Irena menegaskan bahwa praktik implan payudara tidak boleh dilakukan sembarangan.

Operasi ini harus dilakukan oleh dokter bedah plastik yang telah memiliki sertifikasi. Sayangnya, banyak praktek implan payudara dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai dokter bedah plastik.

Mengenai biaya operasi payudara yang dilakukan dokter bedah plastik bersertifikasi, variatif. Bergantung pada metode implan yang dilakukan.

“Proses implan tergantung dengan indikasi. Kalau pasiennya merasa cukup dengan tanam lemaknya sendiri, kita adopsi dan kita berikan. Estetik itu kan keinginannya. Bukan dari orang lain. Biayanya bervariasi, kisaran Rp20 juta – Rp40 juta,” ungkap dr. Irena.(metro)


Komentar