oleh

Isi Baterai Handphone di Mobil Ternyata Berbahaya

PortalMadura.Com – Handphone (HP) saat ini telah jadi keperluan yang tidak terpisahkan untuk setiap manusia. Lantaran kerap dipakai, makin kerap juga sang pemilik HP untuk melakukan pengisian ulang baterai.

Untuk memudahkan beberapa pemakai HP, saat ini sudah ada beragam aksesories yang berperan melindungi HP terus menyala serta siap dipakai, seperti powerbank, serta baterai cadangan.

Tetapi, seringpula kita jumpai beberapa orang yang isi HP-nya dengan charger lewat output lighter untuk di mobil. Lalu bolehkah langkah itu?

Seperti ditulis Astrawolrd, sistem pengisian baterai HP didalam mobil dengan memakai power output yang datang dari lubang pemantik api (lighter), memanglah gampang serta praktis.

Tetapi dibalik kepraktisannya itu, ada resiko periode panjang yang bakal memperpendek saat gunakan baterai HP atau gadget yang lain.

Hal semacam ini dikarenakan tegangan kelistrikan mobil yang kurang stabil, bersamaan dengan putaran mesin yang turun-naik, atau hidup-matinya system kelistrikan mobil yang mendistribusikan arus listrik ke AC, audio, serta lampu-lampu. Keadaan seperti ini kemungkinan bakal punya pengaruh pada tegangan output pada alternator.

Efek yg tidak di idamkan dapat juga berlangsung pada baterai HP. Menggembung atau bahkan juga meledak bisa berlangsung pada baterai HP.

Misalpun sangat terpaksa men-charger lewat output lighter di mobil, terdapat banyak langkah antisipasi agar kejadian-kejadian yang tidak di idamkan tak muncul. Beberapa hal utama yang butuh di perhatikan :

1. Jauhkan dari benda-benda yang gampang terbakar seperti kertas, busa maupun kain.

2. Pakai baterai serta charger yang berkwalitas sesuai sama standard pabrikan HP atau gadget yang dipakai.

3. Hentikan sistem pengisian baterai jika HP atau charger jadi panas.

4. Jauhi menelepon atau terima telephone waktu HP tengah di isi lagi. Baiknya lepas charger dari HP saat mesti menelepon atau terima telephone.

5. Jauhkan dari cahaya Matahari segera atau sumber panas yang terlalu berlebih waktu menaruh baterai HP.

Sebaiknya anda tidak mengisi baterai Handphone di Mobil jika tidak dalam keadaan terpkasa.(Hartono)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE