Ini Cara Merawat Batik yang Baik

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Cara Merawat Batik yang Baik
net. ilustrasi

PortalMadura.Com – Menggunakan batik telah menjadi hal yang umum untuk warga negara Indonesia. Di hari-hari tertentu Anda diwajibkan menggunakan batik.

Agar batik awet, warnanya tidak luntur dan tak cepat nampak kusam serta tidak cepat rusak, berikut panduan cara merawatnya yang di sampaikan oleh Dhani Budidarma, perancang pakaian muslim asal Solo.

Untuk teknik pencucian batik, ia menganjurkan untuk menjauhi penggunaan deterjen. Kalau orang zaman dahulu umum menggunakan lerak untuk mencucinya. Tetapi, sekarang ada bahan spesial untuk mencuci batik yang di jual di pasaran.

“Produk spesial ini dipakai agar warnanya terus bagus, ” kata pemilik brand Lhe-Marikoe, dikutip PortalMadura.Com dari Republika Online.

Sehabis dicuci, tentu mesti dikeringkan. Dhani mengingatkan agar Anda menjauhi penjemuran di bawah cahaya matahari langsung.

Sementara untuk jarik batik, umumnya dicelup kanji agar kaku. Dan agar lebih gampang di wiru, umumnya bila ingin dipakai jaritan (bawahan kebaya tempo dahulu).

Dari sisi penyimpanan, agar awet serta harum di beri pandan (orang Solo menyebutnya rangkaian dari pemberian kanji sampai dengan di beri pandan di sebut ratus). Kanji tadi dipakai agar tak kusut. Jadi terhindar dari panas setrika.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.