Jaga Kesehatan Saat dan Setelah Banjir dengan 6 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Jaga Kesehatan Saat dan Setelah Banjir dengan 6 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Musim hujan telah tiba biasanya di beberapa daerah di Indonesia akan terjadi bencana, seperti tanah longsor, dan lain sebagainya. Informasi terbaru, karena hujan yang terus menerus mengguyur daerah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banjir yang sampai saat belum surut.

Dalam kondisi banjir, segala kemungkinan bisa terjadi. Mulai dari meningkatnya risiko terkena penyakit, hingga berbagai hal yang bisa mengancam keselamatan jiwa, salah satunya tersengat listrik.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tetap sehat dan selamat saat banjir melanda. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (3/1/2020) dari laman kumparan.com yang dikutip dari berbagi sumber. Berikut beberapa cara menjaga diri dan kesehatan saat banjir tiba:

Tetap Jaga Kebersihan

Air banjir mengandung berbagai bakteri dan virus yang bisa menyebabkan segala macam penyakit. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kamu harus menghindari aktivitas di genangan air. Jika air mulai surut, Anda bisa segera membersihkan lantai menggunakan cairan anti kuman.

Bersihkan juga mobil, motor, dan barang-barang lainnya untuk mencegah pertumbuhan bakteri, virus, jamur, dan zat lain yang dapat menyebabkan penyakit menular. Kenakan sepatu bot dan sarung tangan saat membersihkannya, serta jangan lupa perbanyak mencuci tangan dengan sabun dan air yang telah didesinfeksi.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Pasca banjir, makanan dan minuman mungkin akan terkontaminasi. Untuk sementara, ada baiknya Anda meminum air kemasan botol, atau minum air bersih yang telah direbus hingga matang. Konsumsi pula makanan-makanan sehat, serta pastikan tidak membeli makanan sembarangan.

Hindari Area Bertegangan Listrik

Saat banjir, Anda juga patut memperhatikan area yang dilewati. Terutama jangan menyentuh kabel atau benda-benda yang berpotensi memiliki tegangan listrik, termasuk menyalakan listrik saat rumah masih terendam air.

Baca Juga: Kapal ke Kangean Tak Beroperasi Akibat Cuaca Buruk

Obati Luka Terbuka

Ketika Anda mendapati luka terbuka pada bagian tubuh, segera hindari genangan air. Jika luka terpapar air banjir, segera bersihkan dengan air bersih atau cairan disinfeksi, luka kemudian ditutup dengan perban dan segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Basmi Nyamuk

Banjir menjadi momen terbaik bagi para nyamuk untuk berkembang biak. Mereka akan tumbuh subur dan meningkatkan ancaman penyakit demam berdarah atau bahkan virus West Nile. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan lingkungan sekitar, dan membersihkan genangan-genangan air sisa banjir yang ada di halaman rumah.

Mencari Pertolongan

Bencana banjir juga bisa menimbulkan trauma, apalagi ketika barang-barang rusak dan hancur. Sadarilah, bahwa merasa cemas, marah, dan sedih adalah hal yang normal. Tenangkan diri jika Anda merasakan hal-hal semacam itu. Namun, jika perasaan negatif terus berkecamuk, ada baiknya mencari konseling kesehatan mental untuk membantu mengatasinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.