Jangan Abai, Ini Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor yang Perlu Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Jangan Abai Ini Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi (kompas.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sebagian produk sepeda motor keluaran terbaru kini sudah dilengkapi dengan fitur voltmeter. Tahukah Anda fitur ini berfungsi untuk mengetahui besar kecilnya tegangan listrik pada aki.

Dengan kata lain, voltmeter ini sangat tergantung pada arus yang bersumber pada aki. Namun, tidak semua orang tahu tentang fungsi dari voltmeter ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (17/5/2022) dari laman Liputan6.com:

Ada beberapa fungsi Voltmeter pada sepeda motor, pertama untuk memastikan dan mengontrol voltase pada aki.

Kedua, memberi kepercayaan diri pada pengendara saat menggunakan motornya dengan aki prima tanpa merasa khawatir kekurangan voltase.

Ketiga, memberi tahu pengguna akan mengetahui bahwa tegangan aki normal atau tanpa bebas yang baik yaitu 12-13 volt. Jika kurang dari voltase tersebut, sebaiknya di charge ulang.

Terakhir, sebagai sentral dari aliran listrik dan membaginya.

Secara keseluruhan, voltmeter pada motor merupakan sebuah panel yang memiliki kinerja memantau aliran listrik dari aki kemudian disalurkan pada setiap komponen yang membutuhkan energi listrik.

Di zaman yang sudah maju seperti saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan alat ini di marketplace otomotif.

Selain itu, tampilan yang disuguhkan saat ini sudah lebih modern dibandingkan pendahulunya dengan bentuk yang lebih besar dan masih menggunakan analog.

Voltmeter terbaru sudah dikemas dalam bentuk yang lebih ringkas menggunakan panel digital. Untuk memboyong pulang part ini, kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 30 ribuan saja, sebuah harga yang terbilang bersahabat bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.