Jangan Abaikan Padding Helm, Ini Waktu yang Tepat Menggantinya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan-Abaikan-Padding-Helm,-Ini-Waktu-yang-Tepat-Menggantinya
Ilustrasi (Gridoto.com)

PortalMadura.Com – Setiap pengendara sepeda motor dianjurkan untuk menggunakan helm saat melakukan perjalanan. Karena helm menjadi penunjang keselamatan berkendara. Terlepas dari peraturan tersebut, penggunaan helm juga harus dikombinasikan dengan kenyamanan agar saat menggunakannya menjadi lebih maksimal.

Adapun salah satu hal yang menunjang kenyamanan dalam penggunaan helm yaitu dipengaruhi oleh padding atau busa yang mengisi cangkang helm. Umumnya, banyak orang kurang memerhatikan atau cenderung abai pada area komponen itu untuk dirawat.

Dengan kata lain, bukan berarti selama memiliki helm tersebut padding tidak harus dirawat atau diganti. Sejatinya, untuk padding helm juga ada usia pakai yang harus diperhatikan. Tapi, demi kenyaman serta kebersihan helm, ada baiknya untuk memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian padding helm.

Apalagi bagi Anda yang kesehariannya sering menggunakan helm, maka sudah pasti usia pakai dari padding akan berkurang dan akan menyusut seiring penggunaannya. Lantas, kapan harus mengganti padding helm tersebut?.

Nah untuk lebih jelas lagi mengenai kapan harus melakukan penggantian padding, berikut kami uraikan perihal penggantian tersebut sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (18/6/2021) dari laman Liputan6.com:

Untuk menjawab hal ini, Richard Ryan, Direktur RSV Helmet, menjelaskan untuk penggantian padding helm memang mengikuti seberapa sering penggunaan helm tersebut. Ditambah, seberapa sering pula perawatan yang dilakukan pada helm tersebut.

“Sebenarnya untuk kapan padding helm harus diganti, itu enggak ada kepastian waktunya kapan harus diganti. Hal ini tentu tergantung pada pemakaian juga. Untuk penggunaan daily use (harian) dan dilakukan secara berkala, maka selama satu tahun, padding tersebut masih layak untuk dipakai,” jelas Richard.

Harus Benar-Benar Dirawat Kebersihannya

Namun sebaliknya, meski helm masih dalam kondisi baru dan tidak ada perawatan terhadap komponen tersebut maka usia pemakaian sebentar pun bisa jadi harus diganti.

“Tapi kalau daily use dan tidak pernah dirawat, bukan tidak mungkin selama dua bulan juga sudah harus diganti padding-nya,” tambahnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap padding helm, antara lain adalah langsung membersihkan setelah berkendara.

Terlebih setelah ditempa hujan, maka padding akan kotor oleh keringat dan debu yang menempel. Untuk membersihkannya, cukup menggunakan kain lembap dan dibasuhkan ke padding sampai kotoran tersebut hilang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.