Jangan Anggap Sepele, Berikut 5 Jenis Penyakit Pernapasan yang Perlu Diwaspadai Saat Pandemi

Avatar of PortalMadura.com
Jangan-Anggap-Sepele,-Berikut-5-Jenis-Penyakit-Pernapasan-yang-Perlu-Diwaspadai-Saat-Pandemi
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.com – Masa Pandemi adalah adanya sebuah penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya berapa benua, atau diseluruh dunia. Masa Pandemi adalah masa yang perlu di perhatikan secara khusus dan serius, perlu adanya kesadaran diri akan pentingnya dengan menjaga kebersihan serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Saat ini dunia tengah dilanda dengan wabah virus corona atau Covid-19, Virus Corona ini bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Namun dimasa pandemi seperti sekarang ini, gangguan pernapasan bisa terjadi karena berbagai faktor lain. Dilansir dari Fimela.com yang merangkum dari merdeka.com, Kamis (7/8/2021) inilah 5 macam yang perlu diwaspadai saat pandemi:

Penyakit Bronkitis

Penyakit ini bisa terjadi pada perokok dan juga penderita penyakit paru yang menahun. Gejala dari bronkitis bisa terjadi seperti saat sedang terkena flu. Penyakit bronkitis sendiri termasuk penyakit yang bersifat ringan dan juga bisa disembuhkan, namun apabila penderita memiliki penyakit lain yang telah lama diderita seperti jantung atau penyakit paru-paru lainnya, maka penyembuhan bronkitis cukup lama dan bersifat serius.

Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit gangguan pernapasan yang disebabkan adanya penyempitan dan peradangan saluran pernapasan. Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan iritasi dan infeksi pada paru-paru. Pemicu lainnya seperti alergi terhadap sesuatu, baik itu makanan, minuman, obat tertentu, cuaca dingin ataupun alergen.

Radang Paru-Paru

Radang paru-paru atau pneumonia merupakan salah satu penyakit paru-paru yang dapat menular. Seseorang bisa terkena penyakit ini karena adanya infeksi pada paru-paru. Di mana infeksi ini dapat menyebabkan kondisi paru-paru Anda membengkak serta menimbulkan peradangan. Gejalanya bisa batuk berdahak hingga mengeluarkan darah. Selain itu pastinya nyeri dan juga merasakan sesak pada dada dan kamu pun bisa mengalami demam tinggi bahkan hingga tingkat kesadaran kamu menurun.

Penyakit menular ini bisa menyebar melalui udara. Gejalanya adalah demam yang tinggi batuk secara terus menerus, nafsu makan menurun yang akan mengakibatkan tubuh lemah.

Alergi

Ada jenis alergi yang memicu reaksi sesak napas yang dapat disebabkan karena adanya pembengkakan jalan napas. Gejala yang muncul sebagai reaksi alergi adalah gatal di kulit dan mukosa mata, batuk-batuk, nadi cepat, penurunan kesadaran, hingga tangan dan kaki terasa dingin. Kondisi ini perlu segera mendapat pertolongan pertama, terutama dari ahlinya untuk mencegah potensi kematian karena sumbatan jalan napas yang terjadi.

Maka dari penting sekali dimasa pandemi seperti sekarang ini untuk tetap menjaga kebersihan dan memperhatikan asupan energi kedalam tubuh. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.