Jangan Asal! Begini Cara Tepat Cuci Mesin Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Asal! Begini Cara Tepat Cuci Mesin Mobil
Ilustrasi (OTOmart.id)

PortalMadura.Com – Mesin memang menjadi salah satu komponen penting pada mobil. Walaupun keberadaannya di area tertutup, debu-debu tetap bisa masuk melalui celah kecil. Apabila diabaikan begitu saja tentu debu akan menumpuk.

Selain tidak akan sedap jika dipandang lantaran kotor, ternyata kotoran itu bisa bikin kinerja mesin menjadi kurang optimal. Bahkan, komponen kelistrikannya rentan rusak.

Meski demikian, membersihkan tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemilik kendaraan harus paham karena adanya beberapa komponen kelistrikan yang rentan korslet, seperti sekring, pin sambungan kabel dan ECU.

Lantas bagaimana caranya?. Berikut solusi membersihkan mesin yang benar:

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mencari area kelistrikan dalam mobil yang rentan menyebabkan konslet jika terkena air. Area tersebut harus diamankan dengan dibungkus menggunakan plastik. Agar aman, rekatkan juga lakban atau isolasi.

Gunakan air bertekanan rendah untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian luar mesin, dan sela-sela yang sulit dijangkau. Setelah itu, semprotkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran membandel. Anda bisa sedikit menyikat permukaan mesin secara perlahan dengan sikat halus.

Untuk bagian celah kecil, bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai, lalu bilas dengan menyemprot menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotorannya dan membilas bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin.

Jika memiliki kompresor angin, gunakan untuk membersihkan sisa-sisa air yang terjebak di celah-celah sempit mesin. Untuk menghindari timbulnya kerak alias water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam (dalam posisi kap mesin terbuka).

Baca Juga : 4 Cara Aman Bersihkan Mesin Mobil

Lepaskan kembali pembungkus plastik yang digunakan untuk menutup komponen kelistrikan mesin. Sebaiknya proses pencucian dilakukan di ruang terbuka yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Setelah kering sempurna, nyalakan mesin mobil sambil mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Demikian cara membersihkan mobil yang benar. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.