Jangan Asal Cabut Bulu Hidung, Bahaya Ini Mengintai Anda

Jangan Asal Cabut Bulu Hidung, Bahaya Ini Mengintai Anda
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Setiap anggota tubuh yang ada pada manusia mempunyai fungsi penting untuk menunjang keberlangsungan hidup. Termasuk bulu hidung yang berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Dengan kata lain, bulu hidung menjadi bagian dari sistem perlindungan terhadap paru-paru dari debu dan kotoran melalui saluran pernapasan.

Bulu halus di hidung sering kali tumbuh panjang tidak bersamaan, bahkan menyembul ke luar lubang hidung. Apabila dibiarkan terus menerus tentu akan mengganggu penampilan. Selain itu, bulu yang menjalar panjang akan membuat yang memandang merasa risih.

Tidak heran, jika banyak orang kemudian mencabut bulu tersebut untuk alasan estetika (keindahan), entah di salon kecantikan atau pun dicabut sendiri di rumah. Padahal, tahukah Anda jika ada bahaya yang datang saat mencabut bulu hidung?.

Sekilas, mungkin hal tersebut tidak terlihat membahayakan dan hanya sekadar ingin membersihkan bulu yang menggangu di hidung. Namun siapa sangka jika tindakan tersebut mendatangkan bahaya yang tanpa Anda sadari.

Dilansir laman Merdeka.com, yang dikutip dari Womens Health, bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan mencabuti bulu hidung ini tidak main-main. Pasalnya, bulu hidung bermanfaat sebagai penghalang masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh melalui saluran hidung.

“Mereka tak hanya menyaring masuknya berbagai hal namun mereka juga mendorong keluar dan menangkap kotoran yang hendak masuk ke saluran pernapasan yang bisa masuk juga ke dalam aliran darah,” ungkap Julie Russak, MD, dari Russak Dermatology Clinic, New York.

Bahaya Mencabuti Bulu Hidung

Apabila kotoran itu masuk ke saluran pernapasan, kemungkinan Anda akan bersin untuk mengeluarkan mereka. Jadi, bisa Anda bayangkan, kalau seandainya Anda tidak mempunyai bulu hidung?.

Selain lebih gampang mengalami infeksi yang berhubungan dengan saluran pernapasan, sistem kekebalan tubuh Anda nantinya juga akan terganggu. Sehingga membuat Anda lebih rentan sakit.

“Mencabuti bulu hidung bisa membuat rongga hidung dan sinus menjadi rentan terhadap bahaya apa pun yang hendak masuk,” kata Russak.

Baca Juga : Hati-hati, Ini Bahaya Mencabuti Bulu Hidung

“Hasilnya, kamu menjadi sangat rentan terhadap serangan alergi, sinusitis, dan infeksi pernapasan,” sambungnya.

Cara Menghilangkan Bulu Hidung yang Aman

Ketika bulu hidung Anda sudah terlalu panjang, ada beberapa cara yang disarankan untuk mengatasinya. Beberapa yang disarankan adalah memotongnya dengan gunting khusus atau menggunakan pencukur bulu hidung.

Menghilangkan bulu hidung dengan menggunakan gunting disarankan memakai gunting yang ujungnya tumpul agar tidak melukai permukaan bagian dalam hidung. Sedangkan saat pakai alat pencukur bulu, pastikan untuk menggunakan alat yang aman dan bersih dari kuman sebelum digunakan.

Intinya, menggunakan cara apapun Anda disarankan hanya memendekkannya saja dan tidak mencukur habis agar Anda tidak mengalami bahaya sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Sebagai catatan, Anda tidak disarankan untuk melakukan waxing atau mencabuti bulu hidung. Kedua metode ini bisa memunculkan rasa sakit karena mampu mencabut akar rambut. Akibatnya akan menimbulkan infeksi atau bengkak di hidung.

“Ketika infeksi nasal menyebar hingga ke bagian tubuh dan bertemu di tempat titik temu dengan vena lain, hal ini bisa menimbulkan risiko kesehatan serius karena menjadi jalur bagi bakteri langsung menuju otak,” terang Russak.

Jadi, jika Anda sering melakukan kebiasaan mencabut bulu hidung, maka akan meningkatkan risiko masuknya bakteri ke dalam otak yang bisa menyebabkan infeksi mematikan atau berbahaya ke kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.