Jangan Biasakan Tangki Bensin Motor Anda Kosong, Ini Bahayanya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Biasakan Tangki Bensin Motor Anda Kosong, Ini Bahayanya
Ilustrasi (kompas.com)

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu pemilik sepeda motor yang pernah membiarkan kosong sebelum diisi kembali?. Sebagian dari Anda mungkin mengalaminya. Bahkan, tidak sedikit juga yang memilih mengisi ulang bahan bakar saat indikator menunjukan huruf ‘E'.

Padahal, kebiasaan ini tidaklah benar dan sangat berbahaya. Karena, tangki bensin yang dibiarkan kosong berisiko menyebabkan kondensasi, dan timbulnya air dalam tangki. Kasus tersebut, memang sering terjadi untuk motor sport, namun tidak mungkin terjadi di motor jenis lainnya.

Masalahnya, setelah tangki bensin diserang karat, untuk membersihkannya tergolong sangat sulit. Bahkan, karat tergolong sangat mudah mengendap di bensin, hingga akhirnya serpihan karat masuk ke fuel pump alias pompa bensin.

Dengan begitu, proses pembakaran bahan bakar akan terhambat, dan usia pakai busi menjadi lebih pendek. Paling buruknya, serpihan karat akan menghalangi prises pembakaran dan menyebabkan motor sering mogok.

Bagaimana Solusinya?
Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah, jangan pernah membiarkan tangki besin kosong dalam waktu yang lama. Setelah indikator bensin sudah menunjukkan angka 50 persen, segera lakukan pengisian ulang bensin untuk menjaga tangki bensin tetap penuh.

Jika tangki bensin motor Anda sudah terlanjur berkarat, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah, dengan melakukan pengurasan secara total. Proses pengurasan ini biasanya memakan waktu cukup lama, sehingga sangat disarankan dilakukan oleh pihak bengkel profesional.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Atasi Tangki Bensin Motor Bocor

Jika kondisi karat dalam tangki sudah sangat parah, mau tidak mau jalan terakhir adalah, dilakukan pembelahan tangki. Kemudian karat tersebut dibersihkan dengan cara manual menggunakan sikat kawat. Setelah bersih, baru dilakukan upaya penyambungan kembali tangki bensin.

Jadi, agar hal itu tidak terjadi, alangkah baiknya Anda tidak membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Segera isi jika sudah diketahui hampir habis. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.