oleh

Penanganan Gizi Buruk di Pamekasan Dianggarkan Rp 90 Juta

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menganggarkan dana sebesar Rp 90 juta untuk penanganan penderita gizi buruk. Besaran anggaran tersebut untuk tahun 2018 dan 2019.

Sekretaris Dinkes Pamekasan, Ali Maksum mengungkapkan, anggaran tersebut tidak serta merta bisa dicairkan kecuali ada kebutuhan dana untuk program tersebut. Apabila selama satu tahun tidak terserap, secara otomatis akan kembali ke kas daerah.

“Kita mencairkan apabila dibutuhkan berapa kebutuhannya, maka itu saja yang diambil. Kalau misalnya masih ada sisa, akan masuk ke kas daerah,” klaimnya, Sabtu (13/4/2019).

Dia menerangkan, pada tahun 2018 jumlah balita gizi buruk di daerahnya sebanyak 25 orang yang meliputi Kecamatan Tlanakan 9 orang, Kowel Pamekasan 5 kasus, Proppo dan Palengaan 4 kasus, Galis 2 kasus, dan Kecamatan Pegantenan sebanyak 1 kasus.

“Dari jumlah 25 penderita itu yang belum sembuh sebanyak 4 orang. Sementara untuk tahun 2019 sampai bulan Maret belum ada laporan ke kami,” tandasnya.

Baca Juga : Terbakar Api Cemburu, Gadis Madura Nekat Bunuh Diri Lompat ke Sungai

Dia berharap masyarakat bisa menjaga kesehatan balitanya dengan memberikan asupan gizi yang maksimal dan bisa mengetahui gejala gizi buruk. Sehingga dapat mengantisipasi dengan baik, misalnya indikator yang bisa dilihat secara kasat mata adalah berat badan tidak sesuai umur, badan kurus dan rambut pirang seperti bulu jagung.

“Kami sudah memberikan penyuluhan kepada masyarakat, kami juga bekerja sama dengan Puskesmas di kecamatan-kecamatan,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar