Jangan Cuma Asal Pakai, Kenali Fungsi CPU pada Komputer atau Laptop

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Cuma Asal Pakai, Kenali Fungsi CPU pada Komputer atau Laptop
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan modern saat ini, penggunaan laptop atau komputer sudah tidak bisa terlepaskan. Sebab, dengan elektronik yang satu ini segala pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Di kehidupan sehari-hari, perangkat komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana kerja atau bisnis, sarana komunikasi, sarana hiburan, sarana pendidikan, sarana informasi, sarana usaha dan sarana kontrol terhadap suatu hal.

Nah, bagi Anda yang biasa menggunakan perangkat komputer atau laptop pasti sudah tidak asing dengan istilah CPU. Sebuah komputer pasti memiliki CPU untuk mendukung operasi keseluruhan perangkatnya.

CPU merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki andil besar dalam pengoperasian sebuah sistem komputer. Pada komputer, CPU biasanya berupa perangkat keras yang dikoneksikan dengan layar monitor untuk mendapatkan perintah-perintah sistem. Pada Laptop atau Notebook, CPU sudah terpasang di dalam perangkat laptop atau Notebook itu sendiri. Bagi yang bukan ahli dalam dunia komputer, tentu banyak yang tidak mengetahui lebih jelas mengenai pengertian dan fungsi CPU.

Untuk itu, berikut ini adalah ulasan seputar pengertian dan fungsi CPU:

Mengenal CPU
CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, dalam bahasa Indonesia CPU juga disebut Unit Pemroses Sentral atau UPS. Istilah lain dari CPU adalah prosessor.

Secara umum, CPU bertugas untuk mengeksekusi perintah dari sebuah perangkat komputer. Bisa dibilang, CPU adalah otak dari sebuah perangkat komputer.

CPU akan memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak sebuah komputer. Kecepatan eksekusi CPU tergantung salah satunya pada frekuensi yang dimiliki, satuan frekuensi dari sebuah CPU adalah MHz (MegaHertz) atau GHz (1 GigaHertz = 1000 MegaHertz). Semakin tinggi kecepatan processor, maka semakin tinggi dan cepat pula kinerja suatu komputer tersebut.

Baca Juga: Thinkpad 10 Bisa Difungsikan Sebagai CPU

Komponen CPU
Sebuah CPU terdiri dari beberapa komponen yang mendukung kinerjanya. Komponen tersebut seperti unit control, register, ALU, dan interkoneksi.

Unit control bekerja untuk mengatur jalannya program. Unit kontrol akan mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmetika atau perbandingan logika, maka unit control akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan.

Register berperan sebagai alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

ALU merupakan unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.

Sementara interkoneksi adalah sistem koneksi yang menghubungkan antara komponen-komponen yang ada di CPU agar dapat melakukan pekerjaannya sesuai perintah.

Fungsi CPU
Fungsi CPU memiliki peran penting dalam berjalannya keseluruhan pengoperasian komputer. Fungsi CPU mirip dengan kalkulator dengan daya pemrosesan yang lebih cepat dan kuat.

Fungsi CPU yang paling utama adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi, perintah dan melakukan operasi aritmatika serta logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras lainnya untuk menunjang pengoperasian komputer.

Fungsi CPU lainnya untuk menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara menerjemahkan instruksi mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.

Pemrosesan instruksi dalam CPU dibagi atas dua tahap, Tahap-I disebut Instruction Fetch, sedangkan Tahap-II disebut Instruction Execute. Selama Tahap-I Control Unit mengambil data atau instruksi dari main-memory ke register, sedangkan selama Tahap-II Control Unit menghantarkan data atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di MAA, setelah Instruction Fetch dilakukan.

Cara Kerja CPU
Cara kerja CPU dapat dengan mudah dipahami setelah mengetahui komponen dan fungsi CPU. Saat data atau perintah dimasukkan ke prosesor, data atau perintah ditempatkan melalui input storage di MMA. Jika berbentuk perintah akan diteruskan oleh unit control, namun jika berupa data akan ditampung oleh working storage.

Jika register siap untuk mengeksekusi perintah, unit control akan menyalurkan perintah dari program storage ke register. Jika berdasar instruksi pengerjaan yang berupa aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.

Setelah hasil pengolahan telah selesai, maka unit kontrol akan mengambil hasil pengolahan di Akumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.

Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka unit kontrol akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke Output-devices.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.