Jangan Dianggap Remeh, Ini 5 Gejala Anda Seorang Psikopat

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Dianggap Remeh, Ini 5 Gejala Anda Seorang Psikopat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Namun, psikopat berbeda dengan orang gila yang tidak sadar dengan apa yang dilakukan karena sudah kehilangan akalnya.

Seorang psikopat sadar akan apa yang dilakukan, namun tetap bisa dikatakan mempunyai penyakit kejiawaan. Karena mereka bisa melakukan hal-hal yang menandakan bahwa mereka psikopat. Lantas apa saja tanda seorang psikopat?

Berikut ini penjelasannya:

Suka Berbohong
Biasanya, seorang psikopat memiliki kecenderungan untuk berbohong. Kebohongan yang mereka katakan pun bukan sekadar kebohongan tanpa tujuan, melainkan mereka justru berbohong karena memiliki sebuah tujuan. Mereka biasanya berkata bohong untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri misalnya seperti membangun hubungan, mengendalikan pasangan, dan lain sebagainya.

Berpikir bahwa Mereka Hebat
Psikopat biasanya menganggap diri mereka lebih baik dibandingkan dengan orang-orang di sekitar mereka. Hal ini bisa dilihat dari perilaku yang terlalu percaya diri, mendominasi sesuatu, atau bisa ditutupi oleh orang-orang yang diyakini para psikopat bermanfaat bagi keberhasilan mereka sendiri.

Cenderung Temperamental
Para psikopat memang memiliki emosi yang cepat naik sehingga mereka sering marah secara berlebihan. Mereka juga tidak peduli siapa pun dan apa pun yang mereka lakukan ketika sedang marah. Dalam hal rumah tangga, Anda mungkin akan melihat para psikopat tidak segan-segan untuk melakukan kekerasan verbal maupun fisik ketika mereka marah.

Mengalihkan Empati
Psikopat tentu tidak akan peduli terhadap sesuatu yang terjadi pada orang lain. Meskipun diyakini bahwa psikopat tidak bisa berempati dengan seseorang, sebuah studi tahun 2013 mempelajari aktivitas otak dari berbagai pelaku psikopat kekerasan dan menemukan bahwa daerah otak yang terkait dengan penderitaan orang lain dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Hal ini menunjukkan bahwa para psikopat juga mampu merayu, memikat dan bahkan memanipulasi orang lain.

Cenderung Bertindak Tidak Senonoh
Psikopat biasanya memiliki kemampuan untuk memikat korban tanpa membuat korban tersebut merasa curiga dengannya. Para psikopat dapat memancing korbannya untuk bisa tidur dengannya. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of London menunjukkan bahwa psikopat lebih terkait dengan pergaulan bebas dan tidak tertarik untuk berkomitmen. Mereka bercinta semata-mata hanya untuk memuaskan ego mereka sendiri. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.