Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Tersembunyi Teh Basi untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Tersembunyi Teh Basi untuk Kecantikan
ilustrasi (tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Ketika teh sudah basi tentu kebanyakan orang langsung membuangnya. Padahal, teh basi ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya di dunia kecantikan.

Teh yang sudah basi karena didiamkan selama semalaman atau lebih memang tidak baik untuk diminum. Soalnya minuman basi ini sudah teroksidasi dengan zat lain.

Akan tetapi, berikut ini lima :

Mengatasi Rambut Rontok
Hair dryer, sinar matahari, dan cat rambut sering mengancam kesehatan rambut. Jadinya, rambut sering rontok. Kalau semua jenis perawatan sudah dicoba tapi belum memberikan hasil maksimal, mungkin Anda bisa mencoba mengatasinya dengan memakai teh basi.

Setiap kali keramas, Anda bisa menggunakan air teh basi untuk membilasnya. Kalau dilakukan setiap hari, lama kelamaan rambut akan berkilau dan tentunya makin kuat. Tapi, pastikan teh yang dipakai belum dicampur dengan gula.

Mengatasi Ketombe
Selain mengatasi rambut rontok, teh basi juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Sebelum keramas menggunakan sampo, siram kepala dengan air teh basi sambil memijat kulit kepala hingga menyerap. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan lanjutkan dengan keramas biasa. Dengan melakukan hal ini setiap hari, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada ketombe.

Mencerahkan Kulit Wajah
Teh mengandung banyak vitamin E sehingga bagus untuk kesehatan kulit, sekalipun sudah basi. Sehingga, teh basi ini sangat bagus untuk mencerahkan kulit wajah dan menjaga elastisitasnya.

Caranya, ambil ampas teh yang sudah didiamkan semalaman lalu usapkan ke muka seolah-olah Anda sedang mencuci muka dengan facial foam. Ampas teh memiliki fungsi yang sama dengan scrub, yaitu membersihkan kulit, menghilangkan jerawat dan flek hitam, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mempertahankan elastisitas kulit.

Hebatnya, teh basi ini mengandung vitamin C 508 kali lebih banyak dibandingkan jeruk lemon. Sebaiknya, lakukan ini setiap hari agar mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Ingin Kecantikan Kulit Anda Makin Terpancar? Yuk, Manfaatkan Ampas Teh

Mengatasi Jerawat
Sudah bosan dengan obat jerawat yang belum juga memberikan hasil maksimal?. Coba manfaatkan cara alami. Salah satunya dengan teh basi ini. Anda tinggal menempelkan kantong teh celup yang sudah direndam semalaman di dalam air hangat di atas jerawat.

Kemudian, diamkan selama sepuluh menit atau sampai kantung teh itu mengering. Setelah diangkat, bilas dengan air hangat. Agar jerawat cepat hilang, Anda bisa melakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

Menghilangkan Mata Panda
Kebiasaan lama di depan komputer, begadang nonton serial favorit, atau menangis semalaman membuat Anda terbangun dengan mata panda alias bengkak. Tentu permasalahan ini membuat tampilan Anda tidak menarik.

Namun, Anda bisa mengatasinya dengan teh basi, yaitu mencelupkan wajah ke dalam air teh basi dan biarkan mata dalam keadaan terbuka. Setelah beberapa lama, bengkak itu akan hilang dan Anda bisa melihat dengan jelas.

Atau bisa juga dengan cara lain. Anda bisa memanfaatkan kantung teh yang sudah basi sebagai alat kompres. Masukan kantung teh itu ke dalam kain beserta beberapa es batu dan letakkan di atas mata. Diamkan selama beberapa menit. Rasa dingin akan menghentikan peradangan di sekitar mata dan Anda bisa tampil cantik tanpa mata panda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.