oleh

Jangan Dipaksa, Lakukan 4 Hal Ini Saat Anak Tak Mau Puasa

PortalMadura.Com – Saat orang tua menganggap sang buah hati sudah mencapai usia bisa belajar puasa, namun anak ogah menjalankannya, tentu hal ini bisa membuat hati sedih.

Bahkan, walau orang tua sudah memintanya belajar untuk puasa beberapa jam terlebih dahulu, tetap saja si kecil enggan menjalankannya. Nah, jika anak tetap saja enggan puasa, apa yang harus orang tua lakukan?.

Berikut empat hal yang harus dilakukan orang tua saat anak tidak mau puasa:

Latih Anak Berpuasa pada Usia yang Tepat
Usia yang tepat untuk melatih anak berpuasa adalah usia sekolah (lebih dari 7 tahun). Mengapa demikian?. Pada usia ini, anak sudah cukup besar untuk belajar menahan haus dan lapar.

Selain itu, anak usia sekolah juga sudah memiliki cadangan nutrisi tubuh yang cukup sehingga sudah mampu berlatih untuk menjalankan ibadah puasa. Melatih anak berpuasa di usia yang terlalu dini tidak dianjurkan karena anak di bawah usia sekolah belum mengerti cara berpuasa dan cadangan nutrisi tubuhnya belum cukup banyak untuk berpuasa.

Berikan Pemahaman tentang Puasa kepada Anak
Melatih anak untuk berpuasa tidak akan efektif bila orang tua menggunakan cara pemaksaan. Hal tersebut dapat memicu anak untuk melakukan kecurangan, seperti makan atau minum saat orang tua tidak berada di rumah. Cara yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa adalah dengan memberikan pemahaman kepada anak mengapa puasa itu penting, serta pemahaman tentang tata cara melakukan ibadah puasa yang baik dan benar.

Loading...

Supaya anak mau belajar puasa, orang tua dan anggota keluarga lain juga harus berpuasa. Hal ini bertujuan untuk memberikan contoh yang baik agar anak tergerak untuk ikut berpuasa. Jika orang tua atau anggota keluarga yang sudah besar tidak berpuasa, anak akan timbul pertanyaan di benak sang anak, ‘Mengapa ia harus berlatih untuk puasa sementara orang tuanya tidak melakukannya juga?’. Oleh karena itu, berikanlah contoh terlebih dahulu kepada sang anak bagaimana cara melakukan puasa dengan baik dan benar.

Baca Juga: Moms, Ini 4 Ide Kegiatan Ngabuburit Seru Bersama Si Kecil

Latih Anak Berpuasa Secara Bertahap
Melatih anak berpuasa membutuhkan kesabaran. Diperlukan proses yang bertahap agar anak mau menjalankan puasa sehari penuh. Salah satu caranya adalah dengan mulai mengajarkan anak berpuasa setengah hari. Kemudian, secara bertahap tambah durasi berpuasa anak dari hari ke hari, hingga akhirnya anak dapat menjalankan puasa seharian penuh. Dengan demikian, tubuh anak dapat beradaptasi dengan baik terhadap rasa lapar dan haus selama berpuasa.

Berikan Penghargaan Jika Anak Mau Berpuasa
Salah satu hal yang membuat anak bersemangat untuk melakukan suatu hal adalah penghargaan atau hadiah jika si kecil mampu melakukannya. Begitu pula dengan menjalankan ibadah puasa. Berikan pujian atau hadiah kecil jika anak berhasil melakukan puasa satu hari penuh. Dengan demikian, anak akan lebih tertarik untuk belajar berpuasa.

Kendati demikian, tetap berikan pengertian bahwa sebenarnya esensi dari ibadah puasa bukanlah untuk mendapat hadiah, melainkan untuk mendapatkan pahala dari Sang Pencipta.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar