oleh

Jangan Dipencet! 4 Bahan Alami Ini yang Ampuh Obati Jerawat yang Membandel

PortalMadura.Com – Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang tidak pernah lekang oleh waktu. Timbulnya jerawat terutama di wajah tentu bisa membuat penampilan jadi kurang maksimal.

Tidak heran banyak wanita yang mengalami stres akibat permasalahan ini. Pasalnya, jika jerawat dibiarkan bisa membuat kulit memerah hingga meradang. Dilansir Okezone.com yang mengutip dari Womenshealthmag, bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kulit berjerawat.

Nah, selain harganya tidak mahal, bahan-bahan ini pun nampaknya mudah untuk ditemukan di dapur. Anda penasaran apa saja itu?. Berikut ulasannya:

Masker Madu dan Kunyit

Menurut dokter kulit, masker madu dan kunyit terbukti mampu mengatasi wajah jerawat yang membandel. Caranya, Anda hanya campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah halus dan satu sendok makan madu. Kemudian, aplikasikan dalam keadaan kulit wajah yang basah , lalu diamkan selama 5 menit.

Seperti yang dikatakan dermatologi Marnie Nussbaum, M.D bahwasannya, “Kunyit memiliki kandungan anti pembengkakan, sementara madu memiliki kandungan antimikroba. Kedua bahan ini bisa mengurangi ukuran dan masalah jerawat”.

Aspirin dan Air Hangat

Menggunakan aspirin juga mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat jerawat. Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, MD, “kandungan asam salisilat tidak sepenuhnya menghilangkan minyak pada kulit wajah. Karena itu, coba beralihlah pada aspirin. Caranya, hancurkan aspirin dan tambahkan air hangat. Setelah menjadi pasta, aplikasikan pada kulit yang berjerawat”.

Baca Juga: Dampak Negatif Sering Suntik Jerawat, Hati-hati!

Tea Tree Oil

Kansungan tea tree oil anti mikroba di dalamnya bisa untuk mengurangi masalah jerawat Anda. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya mencampurkan tea tree oil dengan sedikit air. Mengaplikasikannya pada kulit wajah secara langsung bisa menyebabkan iritasi.

Es Batu

Perlu diketahui bersama, sensasi dingin dan menyegarkan dari es batu memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan jerawat meradang. Anda bisa membungkus es batu dengan handuk, lalu terapkan pada kulit yang berjerawat.

Cara itu cukup tekan selama beberapa menit. Jangan terlalu kencang karena bisa melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut. Selamat mencoba!

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar