Jangan Gunakan Tusuk Gigi Setelah Makan, Ini Bahayanya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Gunakan Tusuk Gigi Setelah Makan, Ini Bahayanya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat memakan sesuatu ada saja yang terkadang menyangkut di sela-sela gigi. Jika hal itu terjadi, sebagian orang biasanya akan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkannya.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut tidaklah baik bagi Anda?. Pasalnya,
menggunakan tusuk gigi justru bisa berbahaya bagi gigi Anda. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda berkumur menggunakan air bersih saja saat ada sisa makanan yang menempel, karena itu lebih bagus.

Lantas, mengapa orang harus berhenti menggunakan tusuk gigi?. Berikut alasannya:

Penyebab Gusi Berdarah
Ketika Anda terus membersihkan sisa makanan di antara gigi untuk menghilangkan bagian makanan yang tertinggal, hal itu akan menyebabkan pendarahan pada area gusi. Jika ini sering Anda lakukan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian gigi.

Infeksi
Sesekali Anda boleh menggunakan tusuk gigi dengan hati-hati, apabila terlalu sering dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi gusi. Apabila terjadi luka pada gusi, dikhawatirkan hal ini akan menjadi infeksi.

Ruang antara Gigi
Ketika tusuk gigi digunakan di tempat yang sama dan sering, hal tersebut akan menciptakan ruang di antara dua gigi. Disamping itu, besar kemungkinan makanan akan terjebak di antaranya dan menyebabkan pembentukan rongga.

Kerusakan Email Gigi
Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi, tanpa sengaja dan sadar juga kerap mengunyah tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada email gigi.

Kerusakan Akar Gigi
Tanpa sadar saat menggunakan tusuk gigi Anda juga dapat merusak area akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

Nafas yang Berbau
Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Namun, ketika makanan yang berada di celah gigi dalam jangka waktu yang lama dan terangkat dengan menggunakan tusuk gigi, hal ini akan menimbulkan bau mulut tidak sedap.

Jadi, saat Anda menggunakan tusuk gigi alangkah lebih baiknya dilakukan dengan cara hati-hati. Karena, bukan sisa makanan yang akan hilang tapi justru akan merusak kesehatan gigi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.